Pemerintahan

Belum Terverifikasi, Camat Labuhan Haji Minta Warga Bersabar

radiokancanta.com – Meskipun jauh dari pusat gempa yang merobohkan ribuan bangunan rumah dan fasilitas umum lainnya, Kecamatan Labuhan Haji juga terbilang cukup terdampak. Pasalnya, jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa yang datangnya berkali-kali sejak akhir Juli lalu hingga sekarang ini terbilang cukup banyak. Baik yang termasuk kategori rusak berat, sedang maupun rusak ringan.

Menurut Camat Labuhan Haji, Rusno, proses verifikasi terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan sudah dilakukan sejak beberapa minggu lalu. Namun, akibat terjadinya berkali-kali gempa susulan, jumlah warga yang rumahnya mengalami kerusakan terus bertambah. Sehingga, diperlukan kembalinya turun tim verifikasi untuk melakukan pendataan guna menentukan kategori kerusakan.

Kaitannya dengan verifikasi terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan, Rusno mengakui bahwa masih banyak rumah warga di wilayah Kecamatan Labuhan Haji yang belum dikunjungi tim verifikasi. Hal ini difahami kondisinya. Sebab, jumlah tim verifikasi sangat terbatas yang harus menjangkau banyak kecamatan.

Meskipun kerap mendapatkan pertanyaan warga terkait waktu verifikasi yang hingga saat ini belum tuntas di wilayah Kecamatan Labuhan Haji, Rusno meminta warga untuk bersabar dan memahami kondisi terbatasnya tenaga verifikasi. Sementara, sasaran verifikasi sangat banyak. Terutama di wilayah terdampak yang sangat besar. Seperti di Kecamatan Sambelia, Sembalun, Pringgabaya dan Kecamatan Suela.

Dikatakannya bahwa, pemerintah sangat memahami kondisi warga yang tertimpa musibah di semua wilayah. Namun, dengan keterbatasan tenaga yang dimiliki, apa yang menjadi hajatan warga harus disesuaikan dengan kemampuan tenaga verifikasi yang tersedia. Karena memang, ada wilayah yang benar-benar harus segera diselesaikan proses verifikasinya. Terutama di wilayah-wilayah yang sangat dekat dengan pusat gempa yang terjadi selama ini. Karena tingkat kerusakan pemukimannya cukup parah. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: