KemanusiaanPemerintahanPendidikanTerbaru

Korban Gempa Berharap Dapat Pelatihan Keterampilan

radiokancanta.com – Secara perlahan kondisi psikologis warga korban gempa di beberapa wilayah terdampak sudah menunjukkan kemajuan. Aktifitas perekonomian warga berangsur-angsur mulai terlihat, walaupun belum kembali senormal sebelum terjadinya bencana gempa. Namun setidaknya, trauma akan terjadinya gempa susulan sudah mulai tertepis.

Terpantau di wilayah Kecamatan Sambelia, memang masih banyak warga yang tinggal di tenda-tenda pengungsian, dikarenakan masih terbatasnya bangunan hunian sementara (huntara) yang disediakan banyak pihak. Meskipun masih tinggal di tenda-tenda pengungsian, warga sudah mulai semangat menjalankan usaha perekonomian. Hal ini diutarakan salah seorang tokoh masyarakat di Desa Labuan Pandan Kecamatan Sambelia , H. Imam kepada Kancanta, Senin (24/9) kemarin.

  Dukcapil Lotim Akan Terbitkan Biodata Sebagai Pengganti Suket

Disampaikan H. Imam bahwa kondisi mulai bangkitnya perekonomian masyarakat tersebut patut diatensi pemerintah dengan menambah daya dobrak perekonomian warga yang sebelumnya sempat fakum cukup lama akibat terjangan bencana gempa bumi. Atensi pemerintah yang diharapkan berupa adanya pemberian pelatihan keterampilan bagi warga korban gempa.

Pelatihan keterampilan ini dimaksudkan agar warga memiliki peluang usaha, terutama para wanita yang selama ini kebanyakan hanya berkebun. Dengan adanya pelatihan keterampilan yang membuka peluang usaha tersebut, akan dapat mempercepat proses bangkitnya perekonomian warga yang kebanyakan sudah tidak memiliki tempat tinggal.

Senada dengan H. Imam, tokoh masyarakat lainnya, H. Azhar juga berharap adanya upaya pemerintah untuk memberikan peluang usaha bagi ibu-ibu, utamanya usaha rumahan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, seperti hasil perkebunan yang perlu mendapatkan pelatihan teknik olahan yang baik agar pada saat dijual, memiliki harga yang tinggi.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Sebut saja ubi, lanjutnya, potensinya cukup banyak di sini, namun pengolahannya yang tidak dikuasai warga. Jika ada pelatihan pembuatan jajan atau lainnya dengan berbahan dasar ubi, tentunya akan mampu meningkatkan penghasilan warga. Hal ini agar perekonomian warga yang sudah mati dapat dengan cepat dipulihkan dan warga bisa memperbaiki tarap hidupnya. (kis)

 

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: