KemanusiaanPemerintahanPolitik

Gebrakan Awal Bupati Baru

radiokancanta.com – Setelah Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur periode 2018-2023 dilantik dan diambil sumpahnya pada Rabu (26/9) kemarin. Satu agenda penting kemudian diadakan pada Kamis (27/9), yakni serah terima jabatan dari Penjabat Bupati Lombok Timur yang menandakan resminya Bupati dan Wakil Bupati baru menjalankan amanat rakyat hingga 5 tahun mendatang. Kegiatan ini diselenggarakan di Rupatama I Kantor Bupati Lombok Timur.

Penjabat Bupati Lombok Timur, HL. Syafi’i dalam sambutannya di acara serah terima jabatan tersebut memaparkan sejumlah data perkembangan penanganan bencana gempa bumi yang sedang dihadapi Pemerintah Daerah Lombok Timur dengan harapan penanganannya akan lebih maksimal di tangan Bupati dan Wakil Bupati depinitif.

Disampaikan juga bahwa, beberapa hari ke depan akan disahkan APBD Perubahan yang di dalamnya sudah mengakomodir program prioritas 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati yang baru.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Dalam acara yang diikuti unsur forkopimda dan seluruh Kepala OPD, Camat dan Direktur BUMD lingkup Pemda Lombok Timur ini, Bupati Lombok Timur yang baru, HM. Sukiman Azmy memaparkan banyak hal yang menjadi gebrakan awalnya menakhodai Gumi Patuh Karya.

Salah satu hal yang langsung diperintahkannya adalah meniadakan penjualan air bersih yang diambil dari Sumur Tutuq di wilayah Kecamatan Jerowaru. Air dari sumur tersebut harus diambil alih oleh pemerintah dan pendistribusiannya kepada masyarakat dilakukan dengan gratis. Karena itu, mulai Jum’at (28/9), Bupati meminta Dirut PDAM, BPBD dan OPD lainnya yang memiliki mobil tangki pengangkut air agar dapat digunakan untuk menyalurkan air bersih bagi warga di wilayah Selatan yang sangat kesulitan mendapatkan pasokan air bersih tanpa pungutan biaya.

Selain itu, beberapa ASN yang memiliki specifikasi keilmuan yang tidak ditempatkan pada jabatan yang sesuai specifikasi keilmuannya harus segera dikembalikan ke habitatnya agar kemampuannya dapat tersalurkan dengan maksimal.

  Peksos Perlindungan Anak Prediksi Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Akan Terus Meningkat Di Lotim

Ada banyak hal juga yang disampaikannya yang merupakan program cepat yang harus segera dijalankan tanpa menunggu tahun depan. Di antaranya, pemangkasan retribusi, sewa ruko diturunkan, penanganan bencana, pengobatan gratis di puskesmas dan sejumlah kebijakan lainnya yang dimohonkan agar seluruh OPD mampu menjalankannya dengan baik serta meminta kerjasama yang baik dari kalangan legislatif.

Khusus penanganan bencana gempa, Bupati yang menduduki jabatannya untuk kali kedua ini berencana akan berkantor secara mobile, seminggu di Sembalun, seminggunya lagi di Sambelia untuk memastikan percepatan penanganan korban bencana gempa. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: