KemanusiaanPemerintahanPolitikTerbaru

Bupati Baru Harap Pengungsi Balik Ke Rumah

radiokancanta.com – Di hari kedua menjalankan tugas selaku Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy meminta seluruh pihak agar dapat menemukan solusi untuk merumahkan kembali para pengungsi yang sudah cukup lama tinggal di tenda. Hal ini disampaikannya saat digelar rapat koordinasi lengkap percepatan penanganan korban pasca gempa Lombok Timur di Pendopo Bupati, Jum’at (28/9) kemarin yang dihadiri Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten, Pendamping BNPB, Ketua PMI, Kepala OPD, Camat, Kades/Lurah, unsur TNI dan Polri serta Relawan dan unsur lainnya.

Bupati menekankan agar warga pengungsi segera kembali ke rumahnya masing-masing sebelum dibangun Hunian Tetap (Huntap) sebagaimana yang dijanjikan pemerintah dengan membangunkan Hunian Sementara (Huntara) yang tentunya diprioritaskan bagi warga yang rumahnya rusak berat. Khusus di wilayah kecamatan terdampak serius, seperti Sembalun dan Sambelia, penanganannya akan dilakukan secara massal dengan konsentrasi petugas secara terpusat pada satu wilayah.

  Covid-19 Masih Mewabah, Bupati Minta Masyarakat Tetap Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Selama satu minggu yang dimulai Selasa depan, wilayah Kecamatan Sembalun akan diupayakan dapat tuntas dengan menerjunkan seluruh petugas dan armada yang dibutuhkan. Kemudian menyusul ke wilayah kecamatan terdampak  lainnya dengan pola dan sistem yang sama yang menerjunkan segala potensi yang ada.

Dalam upaya percepatan penanganan tersebut, Bupati meminta Pendopo Bupati dijadikan sebagai posko utama dengan tetap berkolaborasi dengan  posko relawan yang sudah ada. Bantuan tambahan untuk pengadaan alat berat dari berbagai kalangan juga akan diupayakan, ungkap Sukiman yang pernah menjabat sebagai Bupati Lotim periode 2008-2013.

  Kadis Dikbud Lotim Klarifikasi Tulisan Penjadwalan Wawancara Pers Di Kantornya

Untuk mensukseskan percepatan penanganan korban bencana gempa di Lombok Timur ini, diharapkan ada dukungan dana juga dari APBD Kab. Lombok Timur. Semua upaya ini dilakukan dengan satu tujuan utama, yakni mengupayakan warga pengungsi segera kembali ke rumahnya masing-masing, sambil menunggu pembangunan hunian tetap. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: