PemerintahanPendidikanPolitikTerbaru

H. Rumaksi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

radiokancanta.com – Bertempat di halaman Kantor Bupati Lombok Timur, Senin (1/10) kemarin, telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang memang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi yang baru saja dilantik beberapa hari yang lalu. Sementara Pembukaan UUD 1945 dibacakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, H. Daeng Paelori.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Lombok Timur berlangsung khidmat, diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, Kepala OPD, TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah Lombok Timur, pelajar dan mahasiswa.

  Dukcapil Lotim Akan Terbitkan Biodata Sebagai Pengganti Suket

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengangkat tema Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa. Dan peringatan Hari Kesaktian Pancasila didasari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober Sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Penetapan ini bertujuan memelihara kewaspadaan dan daya juang terhadap ancaman pengkhianatan terhadap negara, bangsa dan Pancasila. Selain itu, peringatan ini juga dimaksudkan untuk mempertebal dan menegakkan kebenaran dan keunggulan Pancasila sebagai jalan hidup rakyat Indonesia dengan memberikan isi yang sebenar-benarnya, setepat-tepatnya dan semurni-murninya sesuai jiwa dan semangatnya.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Dalam catatan sejarah bahwa pada tanggal 1 Oktober adalah hari di mana telah berhasil ditumpasnya pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal dengan sebutan Gerakan 30 September PKIatau G 30 S/PKI yang terjadi pada tahun 1965 silam. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: