PariwisataPemerintahanTerbaru

Pariwisata Lotim Mulai Menggeliat

radiokancanta.com – Bencana gempa bumi yang menerjang Lombok beberapa waktu lalu sempat melumpuhkan beberapa destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Terutama, destinasi wisata yang berada di kawasan Utara. Sedangkan, untuk destinasi wisata yang berada di kawasan Selatan, tidak terdampak sedikitpun. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, H. Zuhad saat dikonfirmasi Kancanta di Selong, Jum’at (5/10) kemarin.

Karena daerah yang terdampak gempa cukup serius berada di wilayah Lombok Timur bagian Utara. Beberapa destinasi di kawasan ini, seperti Sembalun, Sambelia dan Tete Batu sempat mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara. Hal ini tak lepas akibat beberapa home stay atau penginapan-penginapan mengalami kerusakan. Beruntung, destinasi wisata di kawasan Selatan sama sekali tidak terpengaruh. Sehingga, arus wisatawan ke Lombok Timur tidak lumpuh total, walaupun Lombok secara umum diguncang gempa bumi yang berulang-ulang hingga ribuan kali.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Ditegaskan Zuhad, dalam beberapa pekan awal pasca gempa besar perdana, jumlah kunjungan wisatawan sempat menurun hingga 50%. Namun, kondisi itu tidak berlangsung lama. Karena hotel-hotel yang ada di kawasan terdampak gempa tidak mengalami kerusakan. Hanya saja, beberapa homestay yang mengalami kerusakan.

Saat ini lanjut Zuhad, sudah nampak beberapa wisatawan yang lalu lalang di kawasan Utara. Ada yang murni melakukan kunjungan wisata. Ada juga yang sambilan melihat kondisi kawasan tersebut pasca gempa yang masih memperlihatkan bekas-bekas reruntuhan bangunan milik masyarakat.

  Pegiat Wisata Sembalun Kembali Bersuara

Guna mendongkrak pariwisata Lombok Timur yang mulai menggeliat, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur mengagendakan beberapa terobosan yang dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan agar mau berkunjung ke Lombok Timur. Di antaranya, lomba foto pariwisata dan beberapa agenda lainnya yang semuanya ditujukan untuk semakin meningkatkan kunjungan wisata pasca terjangan gempa bumi beberapa waktu lalu. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: