KeagamaanKemanusiaanPemerintahanPendidikanTerbaru

Ust. Yusuf Mansur Beberkan Sulaiman Spirit

radiokancanta.com – Bencana gempa bumi yang melanda Lombok Timur beberapa bulan lalu hingga saat ini masih menyisakan trauma di sebagian masyarakat. Karena memang, bencana tersebut telah mengakibatkan banyak rumah warga yang ambruk menyisakan puing-puing. Sehingga, warga harus tinggal di bawah tenda atau di rumah-rumah hunian sementara yang sangat sederhana. Guna membangkitkan semangat warga yang terdampak gempa agar kembali beraktifitas sebagaimana biasanya, Pemerintah Daerah Lombok Timur mendatangkan da’i kondang, Ustadz Yusuf Mansur untuk memberikan nasehat-nasehat agama yang bertujuan menghidupkan kembali gairah masyarakat untuk melanjutkan kehidupannya menggapai kondisi yang lebih baik dari sebelumnya.

Bertempat di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong pada Selasa (9/10) kemarin, Ustadz Yusuf Mansur mengajak seluruh masyarakat agar tidak larut dalam kesedihan pasca bencana. Karena sejatinya, ummat Islam tidak boleh menjadi pribadi yang lemah, walau dalam kondisi sesulit apapun.

Guna membangkitkan semangat warga, Ustadz Yusuf Mansur membeberkan kondisi fisik dan kejiwaan salah seorang hamba Allah terpilih di masa lampau, yakni Nabi Sulaiman yang merupakan putra dari Nabi Daud yang diberikan kemuliaan dan kerajaan besar. Walaupun telah menjadi kekasih Allah dan diberikan nikmat yang begitu besar. Namun, ujian Allah tetap diturunkan baginya.

  Peksos Perlindungan Anak Prediksi Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Akan Terus Meningkat Di Lotim

Dikatakannya bahwa Nabi Sulaiman pernah menderita penyakit hingga lumpuh. Namun, kelumpuhan dan harta benda serta kerajaan yang sudah tak dikuasainya lagi tidak menjadikan Sulaiman menjadi hamba yang lemah dan mengiba bantuan dari siapapun di sekitarnya. Bahkan, dalam kondisi serba sulit itu, Sulaiman tetap tegar dan mengharapkan sesuatu yang lebih besar dari yang sebelumnya dimiliki dengan tidak merasa diri lemah tak berdaya.

Apa yang diperlihatkan Nabi Sulaiman itu hendaknya mampu ditiru ummat Islam. Terutama saat ini, di mana bencana baru saja menimpa. Semangat Sulaiman atau Sulaiman Spirit itu hendaknya menjadi acuan ummat Islam pada saat dilanda musibah. Sehingga, dalam kesehariannya tidak menjadi pribadi yang lemah, pribadi yang hanya berharap belas kasihan dari sesama. Namun seharusnya, mampu bangkit dan menunjukkan diri tangguh, seperti tidak sedang ditimpa musibah.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Walaupun rumah rusak, lanjutnya, jangan menggantungkan hidup dan sangat mengharapkan bantuan pemerintah atau siapapun. Namun, sebagai ummat Islam harus mampu menanamkan tekad besar bahwa rumah yang rusak itu, nantinya akan mampu diganti dengan rumah yang lebih besar dan lebih mewah lagi.

Warga yang terdampak harus memiliki keyakinan bahwa tiada daya dan upaya melainkan kuasa Sang Pencipta. Karenanya, serahkan segala urusan hanya kepada Allah SWT, bukan kepada makhluk lainnya. Kuatkan tekad untuk bangkit dengan meyakini bahwa Allah SWT akan mewujudkan usaha hamba-hamba-Nya. Demikian tegas Ystadz Yusuf Mansur di hadapan ribuan jama’ah yang membanjiri Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, kemarin. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: