PariwisataPendidikanTerbaru

Desa Wisata Kembang Kuning Gelar Lombok Kids Festival

radiokancanta.com – Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur merupakan salah satu desa wisata  yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Tidak mengherankan bila banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke desa ini untuk menikmati pesona alam dan budayanya yang dilengkapi akomodasi berupa lokal homestay yang unik dengan konsep feel like home.

Guna menarik minat wisatawan agar tetap mau berkunjung, Desa Kembang Kuning menyajikan berbagai artraksi seni dan budaya yang memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk terlibat langsung, bukan hanya sekedar sebagai penikmat. Dan dalam rangka menarik wisatawan kembali pasca tragedi gempa yang melanda Lombok Timur belum lama ini, Desa Kembang Kuning menyelenggarakan Lombok Kids Festival yang acaranya dibuka oleh Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy pada Kamis (25/10) kemarin.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa  pariwisata akan berkembang dengan baik bila punya modal, di antaranya adalah  alam yang indah, makanannya yang khas, keramahtamahan masyarakat dan terjaminnya kenyamanan dan keamanan.

  Pegiat Wisata Sembalun Kembali Bersuara

Masyarakat Lombok Timur sejak dulu memang terkenal masih kuat dalam menjaga adat istiadat dan budaya lokalnya. Namun, seiring pesatnya perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi, masyarakat secara perlahan mengalami pergeseran kebiasaan, terangnya. Anak-anak lebih suka main handphone, main gadget dan kurang perhatian terhadap budaya. Oleh karena itulah, perlu diambil langkah-langkah pelestarian budaya sejak dini agar kekayaan bangsa ini dapat dipertahankan.

Atas terselenggaranya Lombok Kids Festival yang digagas Desa Kembang Kuning ini, Bupati sangat mengapresiasinya karena dipandang sebagai salah satu upaya pelestarian budaya. Apresiasi Bupati tersebut dibuktikan dengan memberikan support anggaran bagi panitia penyelenggara Lombok Kids Festival yang melaksanakan 11 jenis mata lomba.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Subhan menjelaskan bahwa festival ini akan diselenggarakan selama sepekan sejak tanggal 25 hingga 31 Oktober dengan 11 atraksi permainan, seperti Mantok Celengan ( memecahkan celengan), Ngekeq Kepeng (menggigit uang), tarik tambang, selodoran, enjang-enjang, peresean anak-anak dan permainan kreasi lainnya.

  Pegiat Wisata Sembalun Kembali Bersuara

Berbagai atraksi seni dan budaya sering diadakan di desa ini. Subhan juga mengatakan bahwa Desa Kembang Kuning sudah lama dikenal sebagai desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Tahun ini, Desa Kembang Kuning mendapat bantuan dari Kementerian Desa PDTT sebesar 700 juta untuk pembangunan homestay, jalan wisata, Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya.

Karena progresnya yang memuaskan, pemerintah menambahkan bantuan lagi dengan memberikan tambahan modal untuk Bumdes Kembang Kuning sebesar 50 juta. Bumdes Kembang Kuning merupakan Bumdes syari’ah yang bergerak di bidang simpan pinjam dan penjualan sembako sistem on-line yang layak ditiru desa-desa lainnya, ungkap Subhan di Kembang Kuning. (kis)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: