PemerintahanTerbaru

Pemuda Diharapkan Mampu Satukan Indonesia

radiokancanta.com – Bagi bangsa Indonesia, tanggal 28 Oktober menjadi hari yang sangat bersejarah. Di mana, pada tanggal ini 90 tahun silam, para pemuda dari berbagai daerah mengikrarkan sumpah menyatukan diri dalam satu gerakan untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa. Karena itulah, tanggal 28 Oktober dijadikan sebagai Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tahunnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lombok Timur tahun ini diperingati dengan menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Bupati pada Senin (29/10) dengan Pembina Upacara Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy.

Dalam Amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI yang dibacakan Pembina Upacara, disampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  Peksos Perlindungan Anak Prediksi Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Akan Terus Meningkat Di Lotim

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju yang diharapkan mampu menyatukan bangsa sebagaimana pada saat dicetuskannya Sumpah Pemuda 90 tahun silam.

Disampaikan pula bahwa tahun 2019 nanti, Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: