PemerintahanTerbaru

1 Januari 2019, Layanan Dokumen Adminduk Di Kecamatan

radiokancanta.com – Komitmen Pemerintah Daerah Lombok Timur yang ingin mempermudah dan mendekatkan layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat tidak setengah-setengah. Berbagai persiapan untuk melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan terus dipercepat guna mengejar start awal 1 Januari tahun depan.

Dalam rapat koordinasi administrasi kependudukan dan persiapan pelayanan dokumen administrasi kependudukan pada kantor camat se-Kabupaten Lombok Timur yang diselenggarakan di Rupatama I Lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur pada Kamis (8/11) kemarin, Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy menegaskan bahwa Pemerintah Daerah akan memenuhi segala yang dibutuhkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan kebijakan pelayanan dokumen adminduk di semua kantor camat.

Bagi Bupati, yang terpenting adalah bagaimana layanan dokumen adminduk sudah dapat diberikan di semua kantor camat per 1 Januari 2019 sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, Dinas Dukcapil diminta untuk segera melengkapi kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang layanan tersebut.

  Dukcapil Lotim Akan Terbitkan Biodata Sebagai Pengganti Suket

Andaipun, dalam menjalankan kebijakan tersebut, Dinas Dukcapil kekurangan tenaga, dipersilahkan untuk berkoordinasi dan mengajukan usulan penambahan tenaga kepada Sekretaris Daerah agar segera dipenuhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur, H. Sateriadi menjelaskan bahwa dari 21 kecamatan yang ada, baru 12 kecamatan yang sudah dilengkapi peralatan lengkap, berupa alat cetak. Seperti Labuhan Haji, Pringgabaya, Sikur, Keruak, Jerowaru dan lainnya. Dan untuk menunjang pelaksanaan di lapangan, Dinas Dukcapil sudah memberikan bimbingan teknis bagi operator di masing-masing kantor camat sebanyak 2 orang operator.

  Sayembara Video Lomba Kampung Sehat, Polres Lotim Siapkan Hadiah 10 Juta

Sateriadi juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan layanan dokumen adminduk di kantor camat ini, masalah kesiapan jaringan internet masih menjadi kendala. Karena ada wilayah yang jaringan internetnya yang kurang kuat yang menyebabkan proses pencetakan menjadi tertunda.

Dan terkait kelengkapan peralatan untuk semua kantor camat, Sateriadi mengupayakan hingga akhir November semua kantor camat sudah dipenuhi peralatan jaringan untuk melaksanakan pelayanan dokumen adminduk dan keinginan pemerintah daerah yang menginginkan layanan dokumen adminduk sudah bisa diberikan di semua kantor camat per 1 Januari tahun depan ini bisa diwujudkan guna mendekatkan layanan bagi masyarakat. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: