PendidikanTerbaru

Sekolah Sasaran Akreditasi Tahun 2018 Di Lombok Timur Terus Bertambah

radiokancanta.com – Akreditasi sekolah merupakan program yang mesti dilalui seluruh sekolah sebagai tahapan pemberian predikat bagi sekolah dalam hal pemenuhan standarisasi yang telah ditetapkan pemerintah. Pelaksanaannya melibatkan Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang menerjunkan assesor untuk meneliti kelengkapan pemenuhan standarisasi oleh sekolah sasaran.

Tahun ini, kuota sekolah sasaran akreditasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat sebanyak 971 sekolah. Kabupaten Lombok Timur awalnya mendapatkan kuota sebanyak 195 sekolah sasaran yang terdiri dari SD dan SMP. Namun seiring perjalanan, kuota Lombok Timur terus merangkak lebih banyak. Hingga pelaksanaan akreditasi sekolah tahap II yang jadwal visitasi tim assesor yang direncanakan 15-25 November mendatang, sekolah sasaran akreditasi di Lombok Timur bertambah menjadi 297 sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur yang pada tahun lalu menjadi Ketua Unit Pelaksana Akreditasi (UPA), Khairul Wazni di Selong, Jum’at (9/11) kemarin, mengatakan bahwa tingkat kecepatan dan kesiapan sekolah di Lombok Timur dalam menyongsong akreditasi sekolah masih lebih baik dari daerah lainnya. Karena itulah, kuota Lombok Timur terus bertambah.

Bertambahnya kuota sekolah sasaran akreditasi di Lombok Timur dikarenakan beberapa sekolah di daerah lain yang sedikit lamban dalam mempersiapkan diri. Sementara, sekolah-sekolah di Lombok Timur sangat cekatan. Tentunya, dalam hal ini, peranan operator sekolah sangat menentukan. Karena, proses akreditasi sangat tergantung dengan pengisian daftar isian akreditasi (DIA) yang dilakukan secara online.

Karena banyaknya sekolah di daerah lain yang tidak cepat menangkap peluang ini, kuota daerah lain yang tidak terisi itu dialihkan ke Lombok Timur. Hal inilah yang menjadikan jumlah sekolah sasaran akreditasi di Lombok Timur terus bertambah.

Namun ada hal lain dalam penentuan predikat akreditasi sekolah tahun ini, lanjut Wazni, ada peningkatan nilai yang menjadi standar pemberian predikat akreditasi sekolah. Jika tahun-tahun sebelumnya, sekolah yang mendapatkan nilai di bawah 70 masih bisa lulus akreditasi dengan nilai akreditas C. Namun tahun ini, standar untuk mendapatkan predikat akreditas C berkisar pada nilai 71-80. Dengan demikian, sekolah yang diberikan nilai oleh tim assesor di bawah 71 akan dianggap tidak terakreditasi.

Predikat akreditasi hingga A dengan ketentuan nilai 91-100 dan akreditas B dengan kisaran nilai 81-90. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: