PariwisataTerbaru

Ribuan Warga Padati Arena Pembukaan Pesona Budaya Desa Pengadangan

radiokancanta.com – Ribuan warga tumpah ruah di simpang empat Kantor Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela pada Rabu (14/11) kemarin. Kehadiran warga yang penuh sesak itu untuk menyaksikan berbagai atraksi hiburan kesenian tradisional yang menjadi pembuka event Pesona Budaya Desa Pengadangan yang direncanakan berlangsung hingga 20 November mendatang.

Lautan manusia terlihat di empat penjuru mata angin yang tidak mau melewatkan momentum penuh makna di awal gelaran Pesona Budaya Desa Pengadangan yang akan menampilkan sejumlah kesenian tradisional yang berkembang di tengah masyarakat. Tak hanya warga setempat, warga dari desa-desa lain juga antusias menyaksikan ajang pelestarian budaya yang menjadi warisan leluhur.

  Pegiat Wisata Sembalun Kembali Bersuara

Pesona Budaya Desa Pengadangan diisi dengan penampilan atau atraksi berbagai kesenian tradisional yang secara turun temurun terus dipertahankan warga setempat. Di antaranya, ritual adat Betetulaq yang bermakna tolak bala atau menolak penyakit, memaunang, presean yang menjadi ciri khas Suku Sasak, atraksi Gendang Beleq, Rantok dan sejumlah kesenian tradisional lainnya. Kegiatan ini akan ditutup dengan peringatan Maulid Beleq sepekan kemudian.

Melihat manfaat penyelenggaraan Pesona Budaya Desa Pengadangan ini yang begitu besar, bukan hanya dari sisi ekonomi yang dapat membuka peluang meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga sangat berguna untuk pelestarian budaya yang diwariskan nenek moyang. Karena itulah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, L. Suandi selaku wakil Bupati Lombok Timur dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Pesona Budaya Desa Pengadangan akan dimasukkan ke dalam kalender event Dinas Dikbud Lombok Timur yang berarti pada pelaksanaan-pelaksanaan berikutnya, akan ada perhatian dan sumbangsih dari Pemerintah melalui Dinas Dikbud.

  Pegiat Wisata Sembalun Kembali Bersuara

Tak hanya itu, L. Suandi juga mendorong instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata dan juga Badan Promosi Pariwisata Daerah agar memperhatikan event Pesona Budaya Desa Pengadangan ini. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: