PemerintahanTerbaru

Bupati Dukung Upaya Pendewasaan Usia Perkawinan

radiokancanta.com – Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan dukungannya kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya penghentian dan penghapusan perkawinan anak dan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dukungan itu disampaikannya saat membuka acara talkshow dalam rangka memperingati 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan dan anak yang diselenggarakan pada Kamis (6/12) kemarin di Gedung Pemuda dan Mahasiswa Lombok Timur.

Menurut Bupati ada dua substansi yang diangkat dalam kegiatan ini, yakni upaya mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dan anak serta menghentikan terjadinya pernikahan usia dini. Kasus perkawinan usia dini yang banyak terjadi di Lombok Timur cenderung disebabkan pendidikan yang rendah dan kesejahteraan masyarakat yang kurang.

Berangkat dari semua itu, Bupati sangat mendukung segala upaya yang dilakukan semua pihak yang berusaha memangkas dan menghapus angka kekerasan terhadap perempuan dan anak. Termasuk juga, menghentikan adanya pernikahan dini. Karenanya, Bupati berharap adanya sumbang saran dari semua pihak yang memiliki konsentrasi kajian dalam kedua persoalan ini yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh pemerintah, mulai di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Bupati mengapresiasi sudah adanya dua desa yang berusaha memangkas angka perkawinan usia dini dengan membuat peraturan desa tentang pendewasaan usia perkawinan. Langkah tersebut hendaknya ditiru semua desa. Sebab, pernikahan usia dini dapat dicegah, jika masing-masing desa dan dusun memiliki awik-awik yang melarang terjadinya perkawinan usia dini yang dijalankan dengan ketat.

Jika Kepala Dusun dan Kepala Desa bebar-benar melarang pernikahan usia dini,  maka tidak akan ada yang berani melaksanakan pernikahan itu, ujar Bupati di hadapan peserta talkshow yang digagas Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra (LPSDM) bersama PKBI dan Institut KAPAL Perempuan dengan dukungan UNFPA dan program MAMPU ini.

Dan sebagai bentuk dukungannya yang tinggi atas upaya pendewasaan usia perkawinan ini, Bupati memberikan penghargaan bagi dua desa yang telah menerapkan peraturan desa terkait hal tersebut. untuk penghargaan ini, Bupati meminta OPD terkait untuk merencanakan jenis penghargaan yang layak diberikan bagi kedua desa tersebut. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: