PemerintahanTerbaru

Bupati Minta Para Kades Taat Regulasi

radiokancanta.com – Saat membuka acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Desa Tahun 2018 yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur di Aula Kantor DPMD Lotim, Senin (10/12), Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy meminta seluruh kepala desa untuk mentaati segala bentuk regulasi yang sudah ditetapkan untuk menghindari adanya kepala desa yang tersangkut persoalan hukum.

Dengan memperhatikan dan mentaati seluruh regulasi yang ada akan membuat jalannya pemerintahan di desa menjadi lancar tanpa adanya riak-riak persoalan hukum yang dapat menghambat pembangunan. Sebaliknya, jika kepala desa tidak mengikuti regulasi yang ada, dapat mendatangkan resiko terhadap diri pribadi kepala desa.

Selain meminta kepala desa untuk senantiasa mentaati segala bentuk regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah agar tidak ada lagi kepala desa di Lombok Timur yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum, Bupati juga meminta kepala desa untuk menghilangkan ekses pemilihan kepala desa (pilkades).

Adapun terkait peruntukan ADD. Bupati meminta agar para kepala desa berdiskusi dengan DPMD. Sehingga, program yang dituangkan Pemerintah Desa sejalan dengan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Lotim, H. Juaini Taofik dalam laporannya menitik beratkan pada pelaksanaan Undang-Undang Desa dan fokus terhadap perencanaan pembangunan desa, tata kelola keuangan desa dan yang tidak kalah pentingnya adalah tata kelola pemerintahan desa.

Pentingnya perbaikan tata kelola pemerintah desa ungkap Taofik, untuk menjaga supaya penyelenggaraan pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik,  tertib,  aman dan lancar tanpa tersangkut masalah hukum. Terlebih dengan meningkatnya dana desa pada tahun 2019 dari 252 Milyar menjadi 307 Milyar, belum lagi ditambah ADD dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah.

Pada tahun 2019 nanti lanjut Taofik, diharapkan dalam penyusunan APBDes dapat mengakomodir beberapa hal seperti fokus pada peningkatan SDM di desa. Salah satunya, memuat program di bidang pendidikan dan kesehatan dalam lingkup kewenangan lokal berskala desa. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: