Terbaru

Perangkat Desa Tirtanadi Dikukuhkan

radiokancanta.com – Bertempat di Kantor Desa Tirtanadi Kecamatan Labuhan Haji pada Kamis (10/1) telah dilaksanakan acara pengukuhan perangkat desa Tirtanadi sebagai tindak lanjut amanah peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebanyak 8 orang perangkat desa dikukuhkan minus 1 jabatan yang hingga saat ini masih diisi pelaksana tugas.

Acara pengukuhan perangkat desa ini dihadiri segenap komponen masyarakat Desa Tirtanadi dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, Camat Labuhan Haji beserta unsur Forkopimcam Labuhan Haji dan sejumlah Kepala Desa se-Kecamatan Labuhan Haji.

8 orang perangkat desa yang dikukuhkan ini, nantinya akan mengemban amanah hingga berusia 60 tahun sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. Pengambilan sumpah jabatan pada saat pengukuhan dilakukan Kepala Desa Tirtanadi, Ruspan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Lombok Timur, HM. Juaini Taofik menyampaikan bahwa sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, pembangunan di desa semakin berkembang dikarenakan pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran yang besar secara langsung ke desa lewat program dana desa yang setiap tahun mengalami peningkatan.

Dikatakan Mantan Asisten I Setda Kabupaten Lombok Timur ini, dana desa dalam catatannya selama duduk di Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur mengalami peningkatan jumlah yang sangat signifikan. Pada tahun 2017 dana desa yang digelontorkan untuk Lombok Timur sebesar 209 Milyar. Di tahun 2018 meningkat menjadi 252 Milyar dan untuk tahun 2019 dinaikkan kembali menjadi 307 Milyar.

Semakin bertambahnya dana desa yang diterima, hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Kepala Desa yang dibantu perangkat desa yang baru saja dikukuhkan agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara menyeluruh. Sebab diakuinya bahwa, standar harapan masyarakat terhadap pemerintah itu selalu bertambah setiap waktunya. Karenanya, pemerintah desa harus dapat mempertimbangkan prioritas pembangunan.

Ditambahkannya juga, sesuai dengan hajatan dan cita-cita Pemerintah Daerah Lombok Timur yang ingin memajukan daerah dengan mendorong pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat. Taofik meminta pemerintah desa Tirtanadi untuk memperhatikan program pembangunan di 3 sektor tersebut. terlebih saat ini, ada hal penting yang ingin diselesaikan pemerintah daerah, yakni persoalan stunting yang ingin dihilangkan dari Lombok Timur. Hal ini memerlukan perhatian pemerintah desa juga, karena pemerintah daerah tidak akan mampu berjalan sendiri mensukseskan suatu program tanpa dukungan seluruh pihak, tak terkecuali dari pemerintah desa.

Kepala Desa bersama perangkat dan elemen di desa dipersilahkan untuk mengalokasikan anggaran dari dana desanya untuk menguatkan program di sektor kesehatan dan pendidikan serta pengembangan perekonomian masyarakat. Program pengembangan sumber daya manusia hendaknya difikirkan untuk dijadikan prioritas untuk mempersiapkan generasi yang kuat dalam menghadapi geliat kehidupan beberapa tahun ke depan.

Pemerintah Desa hendaklah tidak terlalu memfokuskan pembangunan fisik yang memang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun juga harus memperhatikan pembangunan SDM yang akan sangat bermanfaat bagi masa depan bangsa. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: