Terbaru

Pemda Lotim Ingin Budidayakan Sisal

radiokancanta.com – Pemerintah Daerah Lombok Timur terus menggenjot upaya untuk mewujudkan visi misi Lombok Timur yang adil, sejahtera dan aman. Tak hanya berpangku pada pembiayaan APBD maupun APBN, pembangunan di Lombok Timur juga diharapkan dapat dilakukan pihak lain dengan menggandeng investor besar. Salah satunya, Pemda mengajak PT. Sumbawa Bangkit Sejahtera (PT. SBS) yang bergerak di bidang pertanian.

PT. SBS direncanakan dapat memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif yang tersebar di beberapa wilayah di Lombok Timur lewat program budidaya tanaman Agave Sisalana (Sisal) yang merupakan jenis tanaman berserat dan biasa tumbuh di di tanah kering atau tanah-tanah yang tidak produktif. Demikian disampaikan Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy saat membuka acara sosialisasi budidaya penanaman Sisal di Kantor Camat Pringgabaya, Kamis (24/1).

Selain PT. SBS, banyak juga perusahaan lainnya yang ingin berinvestasi di Lombok Timur dengan membangun kerjasama dengan petani di daerah ini. Namun, beberapa jenis tanaman yang dikembangkan sebelumnya, seperti Jati Mas dinilai tidak dapat berkembang dengan baik. Berangkat dari hal itulah, Bupati meminta pihak perusahaan untuk memberikan penjelasan terkait komitmen dan jaminan dalam hal pengembangan Sisal ini agar petani mendapatkan keuntungan dari pelaksanaan program ini ke depan.

Sementara itu, GM. PT. SBS, Budi Susanto dalam paparannya menjelaskan bahwa Sisal ini diklaimnya sangat bagus dikembangkan masyarakat, karena memanfaatkan lahan kritis, tandus dan gersang menjadi lahan yang menghasilkan sebagai sumber ekonomi.

Sisal ini, lanjutnya, dapat diolah menjadi berbagai macam produk, seperti tali, tambang, wallpaper, karpet dan berbagai macam produk lainnya. Sisal juga merupakan tanaman yang berumur panjang yang untuk penanaman baru dapat dilakukan setelah 12 tahun. Sisal dapat menghasilkan serat yang potensial dan tanaman ini dapat hidup di daerah tropis maupun sub tropis, di tanah berpasir dan tanah liat, tahan terhadap tingkat keasaman tanah serta mampu hidup pada temperatur 25-27 derajat Celcius.

Untuk meyakinkan Pemerintah Daerah Lombok Timur, PT. SBS akan melakukan joint venture dengan Guangdong Zhangjiang State Farms Bureau-RRC. Pihaknya siap memfasilitasi Pemda Lotim untuk mengunjungi areal penanaman yang sudah berhasil, seperti yang di Sumbawa. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: