HukumTerbaru

Cyber Patrol Polres Lombok Timur Tetap Pantau Media Sosial

radiokancanta.com – Isu penyebaran berita bohong (hoax), fitnah, ujaran kebencian dan juga kejahatan di media sosial terus menggelinding. Terlebih, semakin mendekati pilpres yang sudah di depan mata. Karena itulah, Kepolisian Resor Lombok Timur melalui Satgas Cyber Patrolnya terus bergerilya di dunia maya memonitor pegiat media sosial. Demikian disampaikan Kasat Reskrim Polres Lombok Timur, AKP Yogi Purusa Utama saat menjadi pemateri di acara sarasehan yang digagas Forum Wartawan Media Online di Rempung Kecamatan Pringgasela pada Sabtu (9/3).

Dalam paparannya, Yogi mengakui banyak masyarakat yang mudah percaya dengan berita bohong alias hoax yang disebarkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab melalui media sosial. Untuk mengatasinya, Polres Lombok Timur mengupayakan beberapa langkah cermat, semisal upaya preentif dengan melakukan sosialisasi melalui media sosial dan menempuh langkah preventif dengan membentuk Satuan Tugas (satgas) Cyber Patrol yang mobile melakukan identifikasi terhadap informasi-informasi yang beredar di dunia maya.

Langkah berikutnya adalah mengambil tindakan hukum berdasarkan undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan undang-undang ITE.

Satgas Cyber Patrol yang sudah dibentuk ini terus memantau geliat para netizen di dunia maya melalui sejumlah media sosial untuk mengetahui adanya pelanggaran terhadap undang-undang ITE. Namun sejauh ini, belum ada yang ditindak, sebab polri tidak pernah mendapatkan aduan dari masyarakat ataupun lembaga. Karena penanganan kasus ITE diperlukan adanya pengaduan.

Ditambahkannya bahwa Cyber Patrol yang dibentuk Polres Lombok Timur ini senantiasa berkordinasi dengan Direktorat Cyber Crime di Mabes Polri. Jika menemukan pelanggaran, akan segera memberikan laporan yang kemudian Direktorat Cyber Crime Mabes Polri akan berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo RI untuk mengambil tindakan. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: