Terbaru

Polri Terjunkan 1500 Personel Amankan Pemilu Di Lotim

radiokancanta.com – Untuk mengamankan pemilihan umum (pemilu) yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang, 1500 personel akan diterjunkan aparat kepolisian di Kabupaten Lombok Timur. Demikian disampaikan Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Made Winarta di Selong, Jum’at (22/3).

1500 personel tersebut merupakan gabungan personel Polres Lombok Timur beserta polsek jajaran dan back up Polda NTB. Semuanya akan mengamankan 3839 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Untuk memudahkan dan mensukseskan pengamanan pemilu, Polres Lombok Timur telah memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan tingkat kerawanan menjadi 4 klasifikasi, yakni kurang rawan, rawan, sangat rawan dan khusus.

Untuk kategori kurang rawan, Polres Lombok Timur telah memetakan 3827 TPS. Sedangkan kategori rawan sebanyak 12 TPS. Tidak ada TPS yang dikategorikan sangat rawan. Sementara TPS khusus yang dimaksud adalah TPS yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) dan rumah sakit.

Untuk pengamanannya sendiri, Polri membedakan jumlah personel yang diterjunkan si lokasi yang dianggap kurang rawan dengan yang rawan guna mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan. Demikian disampaikan Kapolres sambil sarapan bersama awak media.

1500 personel yang diterjunkan tersebut dibagi menjadi beberapa penugasan. Ada yang bertugas dalam pengendalian massa, penjagaan TPS dan juga melakukan patroli dengan menyediakan juga tim yang siap bergerak kapan pun di saat terjadi gangguan.

Selain personel polri, pengamanan pemilu juga melibatkan personel TNI yang menurut Kapolres akan menerjunkan 1 kompi dari Kodim yang ditambah 1 kompi bantuan dari Korem. Demikian pula ada bantuan pengamanan dari Linmas yang didanai KPU. (kis)

 

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: