Terbaru

Sosialisasikan Perda Pajak Daerah, Bapenda Sasar Lingkungan Sekolah

radiokancanta.com – Pajak merupakan satu hal yang paling mendapatkan sorotan pemerintah di semua jenjang. Sebab, pembangunan sangat memerlukan topangan anggaran yang didominasi dari hasil pajak. Demikian halnya dengan Kabupaten Lombok Timur. Anggaran pembangunan yang dimiliki sangat bergantung pada perolehan pajak yang menjadi sumber utama pendapatan asli daerah (PAD).

Karena begitu pentingnya perolehan pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lombok Timur yang menjadi leading sektor pendapatan daerah terus mengupayakan peningkatan perolehan pajak melalui penggalian dan pemanfaatan potensi-potensi pajak yang dimiliki daerah.

Selain itu, Bapenda juga mengajak semua pihak agar peduli dan mau meningkatkan penghasilan pajak. Terutama pajak daerah. Sebab, sebagaimana yang disampaikan Kepala Bapenda Lombok Timur, Slamet Alimin, dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam mensukseskan upaya peningkatan pendapatan daerah. Kesuksesan itu tidak mungkin tercapai bila Bapenda hanya bekerja sendirian.

Terkait pelibatan semua pihak ini, Bapenda lantas gencar mensosialisasikan Peraturan Daerah Lombok Timur Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah. Dan baru-baru ini di Selong, sosialisasi tentang pajak daerah Bapenda Lotim menyasar sekolah-sekolah yang ada di seluruh wilayah Lombok Timur.

Melibatkan sekolah-sekolah sebagai sasaran sosialisasi, menurut Mantan Asisten III Setda Kabupaten Lombok Timur ini, dikarenakan adanya potensi peningkatan pajak daerah dalam penggunaan anggaran di lingkungan sekolah yang selama ini kurang dioptimalkan. Seperti halnya, pajak makan minum.

Bapenda Lotim tengah berusaha menggali setiap potensi penghasil pajak. Sebab, kebijakan Pemerintah Daerah Lombok Timur saat ini sedikit mengalami perubahan. Di mana, ada beberapa sumber PAD yang diturunkan, seperti retribusi pasar yang harus dicari upaya lain untuk menambal pengurangannya. Karena itulah, Slamet mengajak seluruh pihak agar berpartisipasi dalam upaya meningkatkan capaian sumber PAD dengan menggali dan memafaatkan semua potensi yang dimiliki. Tak terkecuali, memaksimalkan perolehan pajak daerah di lingkungan sekolah. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: