Ramadhan

Kancanta Berbagi bersama BPJS Kesehatan Lotim

Memasuki hari ke 26 Ramadhan 1440 H yg bertepatan dengan tanggal 31Mei 2019 M , PT.Radio Suara Kancanta 100,3 fm kembali menggelar kegiatan Kancanta berbagi dengan sesi berbagi takjil yang dipusatkan di lapangan tugu selong,tepatnya disamping kiri bangunan Mesjid Agung Al-Mujahidin selong. Hanya saja kali ini Kegiatan ini dipadukan dengan kegiatan berbagi layanan dan informasi serta takjil dari BPJS Kesehatan kab.Lotim yang langsung dipimpin oleh Kepala Cabang Bpjs Kesehatan Lotim, Ibu Made Sukmawati.


Kegiatan ini dimulai dari pukul 16.15-17.35 wita, para pejalan kaki dan pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas melalui jalan TGKHM .Zainuddin Abdul Madjid atau melewati depan Mesjid Agung Almujahidin Selong berhenti sejenak untuk mendapatkan bekal takjil dari tim Radio Suara Kancanta dan Bpjs Kesehatan lalu diarahkan ke stand booth jika ingin mendapatkan tambahan informasi terkait layanan Bpjs Kesehatan. Masyarakat terlihat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menghampiri stand booth tim gabungan dr Radio Suara Kancanta dan Bpjs kesehatan lotim utk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut pula Kacab Bpjs kesehatan ,Ibu Made sukmawati kepada Tim RSK mengungkapkan bahwa Masyarakat lotim yang terdaftar menjadi peserta Bpjs Kesehatan didominasi oleh segmen PBI yakni peserta penerima bantuan iuran. Terdapat karakter unik yang kemudian menjadi tantangan tersendiri bagi Bpjs Kesehatan adalah banyaknya data peserta yang kurang valid Seperti nama yang tidak sama dengan yang tertera di Kartu keluarga sehingga ketika mereka berobat inquiry ke dukcapil ditolak oleh pihak rumah sakit. Pihak Bpjs pun melakukan kegiatan kunjungan rutin ke desa untuk melaksanakan perbaikan data-data yang kurang valid tersebut namun banyak juga peserta yang mengetahui hal itu langsung mendatangi kantor cabang bpjs kesehatan di selong terutama mereka yang memang sedang membutuhkan penggunaan kartu tersebut. kerjasama dengan pihak dukcapil dan dinas sosialpun telah dilakukan oleh Bpjs kesehatan demi memvalidkan data para peserta tersebut.

Tantangan lainnya yang dihadapi adalah universal coverage dimana lotim menjadi kantong penduduk terbesar yg kemudian diikuti oleh loteng . Per 1 januari 2019 ,menurut peta jalan harusnya semua sudah tercover menjadi peserta JKN-KIS. Namun hingga saat ini masih terus berproses.

Selain itu tunggakan pembayaran iuran Bpjs Kesehatan di lotim ini sangat tinggi . Bpjs kesehatan pun telah mengaktifkan tenaga telekolektif dimana satu orang akan menelpon 300 peserta yng menunggak setiap harinya. Ada juga kader JKN yang mengunjungi peserta door to door untuk mengedukasi para peserta yang menunggak lebih dari 6 bulan.
Meskipun progresnya tidak cukup signifikan tetapi ada. Ia menegaskan ,tidak ada istilah putus layanan karena kepesertaan Bpjs kesehatan itu sifatnya seumur hidup tetapi berpindah segmen itu bisa menjadi PBI setelah diinformasikan ke dinsos.
Kepala cabang yang baru menjabat 5 bulan di lotim ini menyatakan keoptimisannya bahwa segala usaha tersebut akan terus diupayakan untuk mendapatkan hasil yg diinginkan. (fy)[gap]

Tags
Show More

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: