Terbaru

Meski Di Masa Cuti, ASN Lingkup Pemda Lotim Tetap Ikuti Apel Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

radiokancanta.com – Meskipun telah memasuki masa cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Lombok Timur tetap mengikuti apel peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada Sabtu (⅙) di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur. Dalam apel ini, Bupati, HM. Sukiman Azmy bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini mengusung tema ” KITA INDONESIA,KITA PANCASILA, BULAN PANCASILA”. Dan dalam amanahnya, Bupati yang membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengupas sejatinya Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang dimaknainya sebagai suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME. Eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam konteks itulah, memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Dikarenakan, dengan memperingatinya, rakyat Indonesia berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara yang menyatukan keberagaman dalam satu bangsa.

Sebagai bangsa besar, rakyat Indonesia tidak akan meninggalkan sejarah. Sebagaimana yang telah dipesankan Proklamator Bung Karno dengan mengucap “JAS MERAH”. Menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara merupakan hal yang harus dipertahankan dan penting juga menanamkan Pancasila sebagai salah satu kebanggan nasional (national pride).

Selain itu, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, rakyat Indonesia harus membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai bintang penuntun, mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

Sebagai bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan. Sehingga, memungkinkan semua makhluk tumbuh dalam ekosistem yang sehat.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila menjadi sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. (kis/hms)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: