Terbaru

Bumdes Korleko Disuntik Anggaran 200 Juta

radiokancanta.com – Tak mau setengah-setengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Korleko yang telah beroperasi sejak tahun lalu ini kembali mendapatkan suntikan dana dari Pemerintah Desa sebesar 200 Juta. Anggaran tersebut sudah dituangkan dalam APBDes 2019 Desa Korleko.

Kepala Desa Korleko, Wildan kepada Kancanta di Korleko, Sabtu (8/6) menerangkan bahwa pergerakan BUMDes dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun ini sebagai salah satu program penopang peningkatan kesejahteraan masyarakat di desanya dipandang cukup berdampak. Terutama, dalam membantu permodalan bagi masyarakat yang bergerak di sektor usaha mikro yang sebelumnya banyak bergantung pada pinjaman pada koperasi dengan sistem setoran harian yang cuku memberatkan.

Dengan adanya BUMDes yang dalam tahun pertamanya menggerakkan usaha simpan pinjam, sedikit demi sedikit, warga yang sebelumnya memanfaatkan pinjaman di koperasi beralih ke unkt simpan pinjam yang dikelola BUMDes. Selain mendapatkan bunga pinjaman yang kecil, waktu peminjaman juga relatif panjang. Di mana, Bumdes menerapkan jangka pinjaman selama 1 tahun.

Melihat kemajuan tersebut, Pemerintah Desa Korleko kemudian menginginkan adanya tindak lanjut dari kegiatan BUMDes yang bisa menggarap unit usaha lain. Karena itulah, pada tahun anggaran 2019 ini, Pemerintah Desa Korleko menganggarkan dana 200 Juta sebaga penyertaan modal desa di BUMDes.

Anggaran sebesar itu nantinya akan diproyeksikan untuk pengembangan unit usaha. Seperti halnya, dengan mengembangkan usaha pengadaan barang dan jasa. Unit usaha ini tentunya akan berdampak lebih besar lagi. Sebab, akan melibatkan lebih banyak sumber daya manusia lagi dan juga akan terjadi pemanfaatan potensi sumber daya alam lokal. Demikian ungkap Wildan di Korleko.

Pengembangan sektor usaha ini dinilai akan sangat bermanfaat. Sebab selama ini, sudah banyak usaha mikro yang digerakkan masyarakat yang nantinya produk-produknya dapat saja ditampung BUMDes untuk kemudian dipasarkan dengan sistem yang diterapkan BUMDes. Dengan demikian, masyarakat akan sedikit terbantu dalam hal pemasaran yang menjadi salah satu kunci sukses sebuah usaha. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: