Terbaru

Diskop UKM Lotim Konsisten Bina UMKM Lokal

radiokancanta.com – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur secara berkesinambungan selalu memperhatikan tumbuh kembang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang digerakkan masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Diskop UKM Lotim, Hj. Rasmiah kepada Kancanta di Selong, Selasa (25/6).

Menurutnya, pembinaan terhadap UMKM lokal terus dilakukan setiap tahunnya dengan memberikan berbagai macam pelatihan. Semua itu dimaksudkan agar UMKM yang banyak digerakkan masyarakat ini bisa semakin berkembang untuk menopang kemajuan daerah.

Pembinaan berupa pemberian bimbingan teknis terus dilakukan dengan sasaran UMKM secara bergantian sesuai dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki. Hingga pertengahan tahun ini, Diskop UKM Lotim telah memberikan bimbingan teknis sebanyak 5 angkatan dengan jumlah peserta pelatihan mencapai 125 orang. Di mana, masing-masing angkatan berjumlah 25 peserta.

Adapun materi bimbingan yang diberikan, di antaranya adalah managemen pengelolaan keuangan, bimbingan pembuatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, bimbingan penyusunan SOP layanan bagi koperasi yang menjalankan usaha unit simpan pinjam dan beberapa materi bimbingan lainnya yang sangat berkaitan dengan upaya memajukan UMKM di Lombok Timur.

Untuk pembinaan dan pengembangan UMKM di Lombok Timur, tidak hanya menjadi tanggung jawab Diskop UKM. Melainkan ada juga keterlibatan dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan ataupun dinas lainnya yang secara bersama-sama berkomitmen untuk mengembangkan UMKM sebagai satu kekuatan penting menggerakkan perekonomian daerah, ungkap Kadiskop UKM Lotim. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: