Terbaru

Bupati Buka TMMD Ke-105 Wilayah Kodim 1615 Lotim

radiokancanta.com – Gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 wilayah Kodim 1615 Lombok Timur secara resmi telah dibuka Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy pada Selasa (9/7) dengan menggelar apel kesiapan di Lapangan Umum Keruak Kecamatan Keruak. Tema yang diangkat untuk pelaksanaan TMMD ke-105 adalah bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Sejumlah pejabat FKKD Lotim terlihat mengikuti kegiatan tahunan TNI ini. Di antaranya, Dandim, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama dan Kepala Kejaksaan Negeri Selong. Hadir juga Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdani dan sejumlah unsur OPD, Camat dan kepala desa serta unsur toloh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati yang didaulat sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota. Operasi Bhakti TNI ini menjadi salah satu upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial serta mewujudkan ketahanan yang tangguh dan memelihara serta meningkatkan kemanuggalan TNI dengan rakyat.

Lebih lanjut dijelaskan, Tahun 2019 ini TMMD merupakan pelaksanaan ke-105 sebagai bentuk kiprah TNI dalam membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergis dan berkesinambungan. TMMD juga dapat dipandang sebagai upaya melestarikan nilai kemanunggalan TNI-Rakyat. Sebab TNI memiliki sejarah kedekatan nyata dengan masyarakat.

TMMD memperjelas misi pemerintah pusat yang ingin membangun Indonesia dari pinggiran yang dimaknai dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan, lanjut Bupati.

Sementara itu, Dandim 1615 Lombok Timur, Letkol Inf. Agus Prihanto Donny selaku Komandan Satgas TMMD ke-105 dalam laporannya menyampaikan bahwa tugas operasional  TMMD ke-105 tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan selama 30 hari dalam rangka membantu melaksanakan kegiatan serbuan teritorial untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan terpelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat, meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah serta meningkatkan program kerja Korem 162/WB tahun anggaran 2019 bidang teritorial dan rencana kegiatan Kodim 1615/Lotim Tentara Manunggal Membangun Desa ke-105 Kodim 1615/Lotim.

Dijelaskan bahwa, hal yang mendasari dilaksanakan TMMD Ke-105 tahun 2019 di Desa Senyiur, Desa Sepit, dan di Desa Selebung wilayah Kecamatan Keruak adalah karena daerah-daerah tersebut merupakan daerah rawan pencurian hewan ternak, curanmor serta masih banyaknya rumah masyarakat yang kumuh dan tidak layak huni serta untuk membantu pembangunan infrastruktur berupa perbaikan sarana ibadah untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan.

Pada kesempatan ini, Bupati dan Danrem 162/WB menyerahkan bantuan alat penetas telur yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI kepada Camat Keruak. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: