KesehatanTerbaru

Wabup Minta Pemprov Tidak Hanya Jadi Penonton

radiokancanta.com – Kabupaten Lombok Timur merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbesar di antara seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada tingginya tingkat kebutuhan akan berbagai fasilitas. Tak terkecuali, kebutuhan akan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

Dengan segala keterbatasannya, Kabupaten Lombok Timur sejauh ini telah mampu membangun 34 puskesmas untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tersebar di 21 kecamatan. Jumlah yang masih jauh dari kategori cukup secara proporsional ditinjau dari jumlah penduduk yang lebih dari 1,3 juta jiwa.

Demikian halnya dengan rumah sakit. Saat ini sudah terbangun rumah sakit di Labuhan Haji yang akan menjadi rumah sakit rujukan, di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Selong. Namun, rumah sakit di Labuhan Haji ini belum beroperasi karena terkendala alat kesehatan yang belum tersedia.

Penambahan rumah sakit kembali dilakukan. Kali ini, melalui bantuan luar negeri dari Vlok Foundation Holland yang proses pembangunannya dimulai Rabu (10/7) kemarin di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya.

Saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit yang didanai yayasan dari Belanda tersebut, Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi meminta pemerintah provinsi tidak hanya menonton apa yang diusahakan Lombok Timur. Namun, harus berpartisipasi aktif membantu agar bantuan dari Belanda yang hanya terfokus pada fisik bangunannya itu dapat langsung termanfaatkan.

Menurut H. Rumaksi, perlu ada sharing pendanaan antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi dalam hal pengadaan alat kesehatan maupun SDM, agar pada saat bangunan fisik selesai dikerjakan, rumah sakit tersebut langsung bisa dioperasionalkan karena SDM dan alat kesehatannya sudah disiapkan.

Menanggapi keinginan Wabup Lotim tersebut, Asisten I Setda Provinsi NTB, Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih yang turut hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Lombok Hospital bantuan dari Vlok Foundation Holland tersebut menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTB akan ikut berpartisipasi dalam membantu Pemerintah Daerah Lombok Timur mengoperasionalkan rumah sakit yang baru dibangun itu nantinya.

Menurutnya, pembangunan fasilitas kesehatan di wilayah Lombok Timur sejalan dengan misi Gubernur fan Wakil Gubernur NTB saat ini yang ingin mewujudkan masyarakat NTB yang sehat dan cerdas. Dengan adanya pembangunan rumah sakit ini, lanjutnya, akan mempercepat terwujudnya apa yang dicita-citakan pemerintah provinsi.

Ditambahkan Baiq Eva, untuk menjamin kesuksesan suatu program, dibutuhkan kerjasama banyak pihak. Pemerintah akan kesulitan jika tidak mendapatkan dukungan dan partisipasi masyarakat dan juga dibutuhkan keterlibatan dunia usaha. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: