Terbaru

TPID Arsipkan Komitmen Desa Melalui BID

radiokancanta.com – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di masing-masing kecamatan telah menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa (BID) yang dibagi menjadi 4 cluster. Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dimaksudkan sebagai ajang mendokumentasikan komitmen pemerintah desa di wilayah masing-masing dalam melaksanakan program-program inovatif.

Bursa Inovasi Desa telah dilaksanakan selama 4 hari di 4 lokasi berbeda. Pada pelaksanaan di hari ketiga, Rabu (10/7) lalu dengan peserta dari 5 kecamatan, yakni Kecamatan Pringgasela, Sukamulia, Selong, Suralaga dan Labuhan Haji di Kantor Camat Sukamulia, TPID dari 5 kecamatan tersebut menghadirkan semua Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD di 5 wilayah kecamatan tersebut untuk menuangkan komitmen masing-masing yang nantinya akan dimasukkan dalam penganggaran di APBDes masing-masing.

Dari semua komitmen yang dicatatkan pada saat Bursa Inovasi Desa ini akan dikawal oleh masing-masing Pengurus TPID, mulai dari proses musrenbangdes hingga musyawarah penyusunan RKPDes agar apa yang sudah dituangkan bisa terakomodir dalam APBDes pada tahun anggaran berikutnya.

Pentingnya mendorong inovasi desa dimaksudkan agar pembangunan di desa tidak terfokus pada kegiatan pembangunan yang bersifat fisik semata. Namun perlu diperhatikan juga adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). Terutama, SDM yang memiliki kreasi yang produktif. Sehingga, mampu menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Panitia BID Cluster III Kabupaten Lombok Timur, Selpin Riawan kepada Kancanta di Sukamulia mengharapkan agar seluruh komitmen tertulis yang telah dibuat oleh pemerintah desa bisa benar-benar diakomodir dan menjadi prioritas yang dituangkan dalam perencanaan pembangunan desa tahun depan. Dengan demikian, karya-karya inovatif di desa bisa berkembang karena adanya pembinaan dan juga suntikan anggaran dari desa.

TPID senantiasa mendorong masing-masing desa mampu memunculkan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki untuk dijadikan sebagai satu kekuatan penting dalam memajukan desa dan meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat yang akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri. Demikian lanjut anggota TPID Kecamatan Labuhan Haji ini. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: