Terbaru

Lotim Gelar Malam Renungan Satu Tahun Bencana Gempa

radiokancanta.com – Memperingati satu tahun bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Lombok Timur, Pemerintah Daerah Lombok Timur bersama sejumlah lembaga menggelar malam renungan dan apresiasi kepada aktifis kemanusiaan serta relawan di Pendopo Bupati pada Senin malam (05/8) kemarin. Kegiatan tersebut  dirangkaikan dengan peluncuran program dari Qurban untuk Korban.

Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah, H. Rohman Farly dalam kesempatan tersebut menuturkan runtutan gempa bumi yang melanda Lombok Timur dan sebagian besar pulau Lombok pada Juli 2018 lalu. Dikatakannya bahwa gempa pada saat itu sempat merubah keseharian warga Lombok Timur karena menimbulkan trauma. Namun, masyarakat Lombok Timur tak berlama-lama dalam traumatik yang mendalam, karena perhatian banyak pihak yang memberikan bantuan.

Kaitan dengan itu, Rohman atas nama Pemerintah dan masyarakat Lombok Timur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, dari LSM, aktifis kemanusiaan hingga relawan yang langsung hadir membantu masyarakat Lombok Timur yang menjadi korban bencana gempa 2018 lalu.

Melalui peringatan satu tahun gempa ini, Sekda mengajak semua merenungi, merefleksikan apa yang sudah dilakukan dan yang seharunya dilakukan ke depan untuk meminimalisir dampak bencana gempa bumi, juga potensi bencana lainnya. Sebab, Pulau Lombok terletak di pertemuan dua lempeng besar yaitu Indo-Australia.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua Forum Bersama, TGH. Gunawan Ruslan dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa cukup banyak relawan dan aktifis kemanusiaan yang telah memberikan kontribusi besar dalam kondisi tanggap darurat. Demikian halnya dengan bantuan dana maupun logistik yang datang dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, Gunawan juga menambahkan agar pada Hari Raya Idul Adha 1440 H. mendatang. Masyarakat yang berhajat menyembelih hewan agar menyalurkan hewan qurbannya kepada korban bencana yang sampai saat ini masih di pengungsian. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: