Terbaru

Cegah Stunting, PKK Lotim Gelar Seminar Tentang Anemia Dan Leukimia

radiokancanta.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur semakin menunjukkan komitmen kuatnya membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan menanggulangi persoalan stunting yang angkanya masih besar di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Melalui kegiatan Gebyar PKK Cegah Anak Stunting Bersama Masyarakat (Canting Mas) yang diisi dengan kegiatan pembinaan dengan menyasar kelompok ibu hamil, balita di bawah 2 tahun, pembinaan bagi remaja putri yang akan menjadi calon ibu serta dengan menggelar seminar tentang anemia dan leukimia yang erat hubungannya dengan stunting.

Seminar tentang anemia dan leukimia diselenggarakan di Pendopo Bupati Lombok Timur pada Rabu (21/8) dengan melibatkan Tim Penggerak PKK Kecamatan, kader posyandu, ormas wanita, LSM dan perwakilan OPD terkait dengan mendatangkan nara sumber dr. Resna dan DR. Fathurrahman.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur, Hj. Hartatik Sukiman Azmy, TP PKK berkomitmen turut mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi masyarakat yang salah satunya adalah pencegahan dan penanggulangan stunting.

Namun diakui Hartatik, pencegahan stunting tidak dapat dilakukan sendiri oleh PKK. Karena itu, agar hasilnya lebih baik, PKK menggandeng peran serta masyarakat. Terutama, kaum perempuan yang banyak berperan dalam pengasuhan 1000 hari kehidupan anak yang sangat menentukan. Yakni, pada masa-masa anak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun.

Tujuan dilaksanakannya seminar ini, menurut Ketua Panitia Pelaksana, Hj. Sri Utami Afianti adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang dampak penyakit Anemia maupun Leukimia serta upaya pencegahannya.

Kegiatan seminar ini dirangkaikan juga dengan menggelar pameran produk usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) desa binaan PKK dan pemeriksaan darah gratis bagi peserta seminar. (kis)

 

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: