Terbaru

DPRD Lotim Periode 2019-2024 Dilantik

radiokancanta.com – Sebanyak 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Timur hasil pemilihan umum 17 April 2019 lalu akhirnya dilantik pada Rabu (21/8) di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Lombok Timur. Pengambilan sumpah jabatan 50 Anggota DPRD Lombok Timur dilakukan Kepala Pengadilan Negeri Selong. Acara pelantikan dipimpin Ketua DPRD Lombok Timur Periode 2014-2019 dan dihadiri Bupati Lombok Timur, Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemda Lombok Timur, perwakilan partai politik dan keluarga anggota DPRD terpilih.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Lombok Timur Periode 2014-2019, Raden Rahadian Soedjono menyampaikan bahwa Anggota DPRD periode 2014-2019 telah menjalankan tugasnya dengan baik yang meliputi 3 tugas dan fungsi DPRD. Yakni, fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Dalam kurun jabatannya 5, DPRD Lotim lama telah mengesahkan ratusan keputusan DPRD dan setidaknya telah menetapkan 45 peraturan daerah yang terdiri dari 10 peraturan daerah tentang APBD maupun APBD Perubahan, 21 perda tentang ketertiban umum dan sejumlah perda terkait beberapa hal lainnya.

Selain itu, lanjutnya, DPRD Lotim lama juga telah menerima puluhan ribu surat masukan dan atau aduan dari masyarakat. Dari sebanyak itu, sekitar 60an surat ditindak lanjuti dengan kegiatan hearing.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy yang membacakan sambutan Gubernur NTB mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersyukur atas terlaksananya pemilu dengan baik yang merupakan sarana kontestasi politik. Pemilu serentak 17 April lalu merupakan wujud aktualisasi kemerdekaan warga dalam mewujudkan demokrasi yang hasilnya adalah anggota DPRD baru yang dilantik saat ini.

Ditambahkannya bahwa ciri khas demokrasi yang harus dibangun adalah demokrasi yang siap menerima kemenangan dan kekalahan. Sehingga, tidak ada tindakan mengorbankan persaudaraan dan kekeluargaan hanya karena kekalahan dalam kompetisi memperebutkan suara rakyat.

Gubernur juga berpesan agar pembangunan di Lombok Timur harus selaras dengan program pembangunan yang dirancang Pemerintah Provinsi NTB. Karena itu, bagi Anggota DPRD Lotim terpilih yang dilantik saat ini agar berkhidmat dengan sungguh-sungguh menuntaskan tantangan yang masih membelenggu kemajuan Lombok Timur dalam rangka menyongsong masa depan Lombok Timur yang lebih cerah. Anggota DPRD yang baru harus lebih cerdas melihat segala persoalan di daerah.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati mengingatkan Anggota DPRD Lombok Timur yang baru agar senantiasa mengingat masyarakat yang telah memilihnya. Karena masih banyak masyarakat Lombok Timur yang berada di dusun-dusun yang berada dalam kungkungan kemiskinan, masih banyak masyarakat yang menderita gizi buruk, stunting, putus sekolah, tinggal di rumah yang tidak layak huni yang semuanya itu telah menaruh harapannya di pundak para Anggota DPRD yang baru. Karena itulah, Bupati berpesan agar Anggota DPRD yang baru memperhatikan kondisi konstotiennya. Sebab, kepercayaan yang sudah diberikan itu akan dimintai pertanggung jawabannya kelak.

Prosesi pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2019-2024 berjalan dengan lancar di bawah pengamanan ketat aparat kepolisian yang menurunkan kekuatan lengkap. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: