PariwisataTerbaru

Bupati Ajak 5 Kades Belajar Ke Suranadi Soal Pengembangan Pariwisata

radiokancanta.com – Guna mengembangkan pariwisata di Lombok Timur, Bupati mengajak Dinas Pariwisata dan beberapa kepala desa di Lombok Timur melakukan study banding ke Desa Suranadi, salah satu desa wisata mandiri di Kabupaten Lombok Barat. Dipilihnya Desa Suranadi sebagai tujuan belajar, dikarenakan desa ini meraih juara I lomba desa tingkat nasional regional IV tahun 2019.

Kunjungan Bupati bersama 5 kepala desa, masing-masing Kepala Desa Labuhan Lombok, Padak Goar, Pringgasela, Tete Batu, dan Kembang Kuning yang dilakukan pada Kamis (12/9) kemarin, ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kiat Desa Suranadi dalam mengembangkan pariwisata dengan membangun Taman Wisata Paramaning Puspa yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dikatakan Bupati, study banding ini dilakukan untuk belajar dari Desa Suranadi yang telah berhasil mengembangkan wisata secara mandiri. Terutama, keberadaan Taman Wisata Pramaning Puspa yang ada di desa ini diharapkan dapat menjadi inspirasi pengembangan kawasan yang dimanfaatkan secara optimal.

Menurut Bupati, selama ini pengelolaan anggaran di tingkat desa lebih berorientasi pada bangunan fisik semata, tanpa memperhitungkan daya dorongnya terhadap aspek kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diharapkan bagi desa-desa yang memiliki potensi sumberdaya alam  dapat menggali informasi serta teknis pengembangan kawasan ini sebagai model untuk dikembangkan dan diterapkan dengan menyesuaikan kondisi masing-masing desa. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: