Terbaru

Pegiat BaKTI Lotim Harap Media Tulis Berita Berperspektif Perempuan dan Anak

radiokancanta.com – Yayasan BaKTI sebagai pelaksana program kemitraan Australia-Indonesia untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan (MAMPU) sangat konsen terhadap persoalan perempuan dan anak. Dalam rangka menyikapi berbagai problematika yang dihadapi perempuan dan anak, pegiat Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) mengajak insan media di Kabupaten Lombok Timur untuk menyampaikan berita dengan perspektif perempuan dan anak.

Ajakan tersebut disampaikan salah seorang pengamat sosial dari Sulawesi, M. Gufran yang didatangkan pegiat BaKTI Lombok Timur saat menggelar diskusi dengan awak media se-Kabupaten Lombok Timur terkait penulisan berita berperspektif perempuan dan anak di Selong, baru-baru ini.

Dikatakannya, dalam penulisan berita terkait anak yang berhadapan dengan hukum, baik sebagai pelaku ataupun korban, hendaknya perlu merahasiakan identitasnya. Karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan anak.

Soal identitas, Gufran menyebutkan bukanlah semata-mata terbatas pada nama. Namun, alamat, sekolah juga menjadi bagian dari identitas yang harus dirahasiakan. Karena, maayarakat akan mudah mengetahui korban atau pelaku kejahatan dari kalangan anak-anak jika dipublikasikan secara detail. Karena itulah, alamat dan tempat sekolah harus dirahasiakan, tegasnya.

Gufran juga berharap agar media dalam mempublikasikan berita terkait perempuan ataupun anak yang berhadapan dengan hukum tidak membangun stigma negatif terhadap perempuan dan anak. Terlebih, jika perempuan atau anak tersebut berstatus sebagai korban.

Sementara itu, pegiat program MAMPU, Triyati dalam kesempatan tersebut juga mendorong agar media lebih cenderung membangun narasi yang mendidik masyarakat. Sehingga, berbagai kasus kejahatan yang menimpa perempuan dan anak bisa diminimalisir. Demikian juga, perlu mengupas kebijakan atau perhatian pemerintah dalam mengatasi persoalan perempuan dan anak. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: