PendidikanTerbaru

Seluruh Kepala UPTD Disdikbud Dipanggil Bupati

radiokancanta.com – Untuk membahas berbagai persoalan pendidikan di Kabupaten Lombok Timur, Bupati, HM. Sukiman Azmy mengumpulkan seluruh Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur pada Jumat (11/10) kemarin di Ruang Rapat Bupati.

Pada pertemuan tersebut, Bupati meminta seluruh Kepala UPTD lingkup Dinas Dikbud untuk mengumpulkan data jumlah sekolah mulai tingkat PAUD, juga jumlah guru dan kekurangan kepala sekolah, serta rencana pendirian sekolah satu atap (satap). Demikian juga data gedung sekolah yang perlu direhab, serta angka putus sekolah. Selain itu, Bupati juga meminta data setoran zakat per-bulan.

Tak hanya itu, Bupati juga membicarakan banyak hal yang harus segera bisa diatasi, agar dunia pendidikan di Lombok Timur bisa semakin baik. Salah satu yang menjadi sorotan Bupati adalah banyaknya isu yang menyebutkan bahwa tenaga pendidik sebagai agen buku. Bupati mengingatkan kepada jajaran pendidikan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Bupati juga menyoroti adanya orang-orang yang menjual SK. Untuk hal ini, Bupati meminta para Kepala UPTD agar memberikan teguran bila mengetahui atau menjumpai hal semacam itu. Sebab, hal itu menjadi preseden buruk bagi dunia pendidikan dan birokrasi di daerah ini. Bupati mengingatkan bahwa metode penerimaan CPNS sudah jauh berbeda, sehingga tidak ada yang bisa mengatur. Hal tersebut merupakan pembodohan kepada masyarakat.

Tingkat kesejahteraan guru juga menjadi salah satu yang dibahas Bupati dalam pertemuan tersebut. Sebab menurut Bupati, baru sekitar 50% guru yang sudah tersertifikasi atau mereka yang terjamin kesejahteraannya. Mengatasi hal ini, perlu adanya kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di daerah ini untuk dapat meningkatkan kualifikasi guru yang terhambat tingkat pendidikan.

Distribusi guru juga menjadi persoalan yang dibahas. Bupati meminta pemerataan distribusi guru yang kebutuhannya sesuai usulan UPTD.  Setelah itu, akan diberlakukan moratorium pemindahan guru.

Pendidikan merupakan salah satu sektor penting untuk meningkatkan IPM Lombok Timur yang saat ini berada di posisi ke-9 dari 10 kabupaten/kota di NTB. Semua tingkat pendidikan menjadi penting, termasuk Taman Kanak-Kanak (TK). Karenanya, Bupati menegaskan agar semua kecamatan pada 2020 mendatang harus memiliki TK Negeri. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: