Terbaru

Disperindag Lotim Berikan Pelatihan Bagi Petani Kakao Desa Bebidas

radiokancanta.com – Desa Bebidas di Kecamatan Wanasaba memiliki satu komoditi andalan yang jarang ditemukan di desa lainnya di Lombok Timur, yakni Kakao. Banyak warga di Bebidas yang menggeluti usaha pengembangan bahan baku pembuatan coklat ini. Karenanya, untuk meningkatkan kemampuan para petani Kakao dalam mengolah dan melakukan pengemasan coklat, Pemerintah Desa Bebidas menghadirkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) Kabupaten Lombok Timur untuk memberikan pelatihan bagi petani Kakao lokal terkait dua hal tersebut di atas.

Pelatihan pengolahan dan pengemasan coklat ini diikuti puluhan petani Kako setempat yang diambil merata dari 14 kekadusan yang ada di wilayah Desa Bebidas. Direncanakan, pelatihan ini akan berlangsung hingga 18 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur melalui Sekretaris Dinas, H. Khaerul Saleh saat membuka acara pelatihan pada Senin (14/10) di Bebidas menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat petani Kakao dalam hal mengolah biji Kakao menjadi coklat siap saji. Sehingga, perekonomian masyarakat, terutama petani Kakao bisa meningkat.

Dikatakannya, dalam pelatihan yang direncanakan berlangsung selama 5 hari ini, para petani Kakao akan dilatih berbagai teknis pengolahan biji Kakao menjadi coklat siap saji, sekaligus cara pengemasannya agar semakin mudah untuk dipasarkan. Pelatihan kali ini, tidak hanya dengan memberikan materi pelatihan, tapi akan dibimbing untuk praktik langsung agar peserta pelatihan semakin faham.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Bebidas, Harmaen menyambut baik program pelatihan ini. Sebab, kegiatan ini akan mempelancar terwujudnya rencana Pemerintah Desa Bebidas yang akan membentuk Kampung Kakao di Bebidas. (kis)

 

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: