Terbaru

Bupati Launching Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat YBM BRI

radiokancanta.com – Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI merupakan lembaga amil zakat nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat pekerja muslim BRI di seluruh Indonesia. Penyaluran dana zakat meliputi 4 bidang, yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sosial dakwah.

Dalam rangka mendorong pemenuhan kebutuhan dasar mustahik (penerima zakat) untuk peningkatan ekonomi, Yayasan Baitul Maal BRI memiliki program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR). Melalui program ini YBM BRI memberikan stimulus modal usaha, pendampingan, dan mentoring usaha agar menjadi usaha yang mandiri.

Di Kabupaten Lombok Timur, PKUR sudah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Montong Gading. Karena itulah, pada Jum’at (8/11), program PKUR dari YBM BRI ini dilaunching Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy di Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading yang  merupakan salah satu desa penerima program.

Di wilayah Lombok Timur, ungkap perwakilan YBM BRI Korwil Denpasar, Zainul Fuadi Akbar pada saat launching, sudah terdapat 7 kelompok PKUR yang tersebar di Desa Pesanggrahan, Desa Kotaraja dan di Desa Loyok yang telah menerima penyaluran dana zakat dengan nilai total Rp. 374.635.000,- dengan penerima manfaat sebanyak 70 orang.

Sementara itu, Bupati dalam kesempatan ini mengapresiasi upaya baik yang telah dilakukan YBM BRI. Diharapkannya, program serupa dapat juga dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (baznas) Lombok Timur. Sehingga, program serupa tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kecamatan Montong Gading saja. Melainkan juga, dapat dijalankan di kecamatan-kecamatan lainnya.

Bupati juga berpesan kepada kelompok penerima bantuan agar memanfaatkan apa yang diterimanya dengan sebaik-baiknya untuk dapat meningkatkan pendapatan. Dengan demikian, secara perlahan, IPM Kabupaten Lombok Timur bisa semakin tinggi. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: