Terbaru

Pemda Datangkan KPK Berikan Sosialisasi e-LHKPN

radiokancanta.com – Sebagai salah satu upaya mewujudkan pemerintahan yang baik, pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang, pemerintah telah mewajibkan para pejabat penyelenggara negara, termasuk di lingkungan pemerintah daerah untuk melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sehubungan dengan hal tersebut, untuk memudahkan para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Lombok Timur untuk mengisi Laporan LHKPN, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Direktorat PP LHKPN Deputi Bidang Pencegahan KPK menggelar sosialisasi sistem pelaporan harta kekayaan yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H. Rohman Farly pada Selasa (12/11) kemarin, bertempat di Ball Room Kantor Bupati Lombok Timur.

Dalam arahannya Sekda mengatakan bahwa pejabat di lingkungan pemerintah daerah wajib mengisi, menyampaikan dan mengumumkan e-LHKPN ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, pelaporan ini kerap terlambat.

Keterlambatan pelaporan ini karena beberapa hal. Di antaranya, kemungkinan terlalu banyaknya harta yang akan dilaporkan, adanya kebingungan dalam pengisian laporan yang terlalu rumit dan karena memang ada yang tidak mau melaporkan karena masih banyak yang belum diterjemahkan, yang menyebabkan adaya keganjalan dalam pelaporan harta serta adanya ketidaknyamanan dalam pelaksanaan pelaporan harta.

Meskipun demikian, Rohman berharap kepada para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Lombok Timur agar selama menjabat atau bahkan setelah menjabat sebagai penyelenggara negara wajib melaporkan harta kekayaannya pada saat pertama kali menjabat, baik mutasi atau promosi jabatan.

Untuk mendorong tertibnya seluruh penyelenggara negara di Pemda Lombok Timur inilah, didatangkannya petugas dari KPK untuk memberikan bimbingan teknis pelaporan. Sehingga nantinya, para penyelenggara negara tersebut tidak menemukan kendala saat melakukan pelaporan harta kekayaan yang dimiliki. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk terlambat, apalagi sampai tidak melaporkan harta kekayaan. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: