Terbaru

Lombok Timur Layak Jadi Kabupaten Homestay

radiokancanta.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekuatan khusus dalam pengembangan kepariwisataan. Kekuatan yang berbeda dengan daerah lainnya. Kekuatan itu adalah pengembangan industri pariwisata di Lombok Timur dilakukan oleh masyarakat lokal. Demikian disampaikan pegiat pariwisata, Ahyak Mudin saat melaunching Pondok Tunas Rinjani, salah satu homestay yang berlokasi di Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Sabtu (14/12).

Dikatakan Ahyak, investasi dari masyarakat lokal menjadi kekuatan pembeda pariwisata Lombok Timur yang harus dipertahankan dan dikuatkan. Sebab, dengan investasi dari warga setempat akan mendatangkan manfaat yang besar bagi daerah. Di mana, keuntungan dari industri pariwisata dengan investor lokal akan tetap berada di daerah.

Kuatnya investasi lokal ditandai dengan maraknya homestay yang sudah didirikan di Lombok Timur sebagai alternatif penginapan bagi wisatawan. Menurut Ahyak, jumlah homestay di Lombok Timur telah mencapai angka 200-an lebih yang tetap bisa bersaing dengan hotel-hotel berbintang. Terbukti, banyak wisatawan yang lebih memilih menginap di homestay dibanding tinggal di hotel.

Dengan kondisi yang demikian itu, perlu kiranya pemerintah memiliki perhatian yang besar terhadap perkembangan homestay ini. Dan para pegiat homestay menilai Lombok Timur layak menjadi kabupaten homestay.

Launching Pondok Tunas Rinjani ditandai dengan penanaman tanaman obat keluarga di area homestay dan dimeriahkan dengan berbagai atraksi budaya khas Lombok Timur dengan keterlibatan Paguyuban Terune Dedare Lombok Timur yang mendapat atensi dari tamu undangan. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: