Terbaru

Ketua DPRD Lotim Nilai Masih Banyak Jabatan Yang Diisi SDM Yang Tidak Sesuai Kompetensi

radiokancanta.com – Menyoroti capaian realisasi anggaran tahun 2019 lingkup Pemerintah Daerah Lombok Timur yang hingga menjelang ujung tahun belum tembus di angka 90%, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur, Murnan menyebutkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah masih adanya jabatan yang diisi SDM yang tidak sesuai kompetensinya. Hal ini disampaikannya saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Jum’at (20/12) kemarin. 

Menurutnya, Bupati mesti melakukan evaluasi terhadap pejabat yang sudah ditunjuk untuk membantunya menjalankan program. Apakah telah menunjukkan kinerja yang baik atau tidak. Sebab, jika tidak dievaluasi, kejadian serupa akan terulang kembali tahun depan.

Karena merasa masih ada pejabat yang diposisikan pada bidang yang tidak sesuai dengan kompetensinya, baik di level kepala dinas, kepala bidang maupun kepala seksi, Murnan berharap Bupati bisa menela’ah kembali kebijakannya itu agar pekerjaan yang diamanahkan kepada para pejabat tersebut bisa terlaksana dengan baik dan terselesaikan tepat waktu. Terlebih di OPD yang mengelola anggaran besar, seperti PU, Dikbud, Dikes dan Disperindag.

Bisa saja, lanjut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, lambannya serapan anggaran tahun ini dikarenakan ada pejabat yang tidak bisa melaksanakan program. Karena itulah, evaluasi kinerja pejabat di semua OPD mutlak dilakukan Bupati agar nantinya dapat menempatkan pejabat yang sesuai dengan bidangnya.

Selain mendorong Bupati untuk melakukan evaluasi terhadap para pejabat, Murnan juga mendorong agar OPD bisa melakukan perencanaan lebih awal dengan tidak menyepelekan program-program kecil yang akan dapat mengganjal program yang lain. Dengan pengerjaan program lebih awal, diyakini realisasi anggaran bisa tertuntaskan di akhir tahun. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: