Terbaru

Bupati Hadiri Puncak Peringatan Hari Ibu Tingkat Kabupaten Lombok Timur

radiokancanta.com – Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy didampingi Wakil Bupati, H. Rumaksi menghadiri acara puncak peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat Kabupaten Lombok Timur pada Senin (23/12) yang diselenggarakan di Pendopo Wakil Bupati Lombok Timur.

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lombok Timur ke-57 ini, Bupati mengingatkan substansi peringatan Hari Ibu bukan sekedar berbagi foto di media sosial, melainkan menjadi momentum untuk merenungkan hakikat perjuangan kaum perempuan yang telah dirintis sejak dahulu. Termasuk hasil kongres perempuan pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang merekomendasikan bebrapa hal yang di antaranya, menitik beratkan pada sektor pendidikan untuk mengakomodir kaum perempuan.

Menurut Sukiman hal tersebut saat ini sudah terwujud. Di mana, perempuan sudah memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Ini bisa dibuktikan dengan tidak sedikit Kepala Dinas maupaun UPTD di Lombok Timur yang dijabat oleh perempuan.

Namun, masih ada persoalan yang berkaitan dengan perempuan yang harus segera diatasi, yakni, adanya masyarajat maupun kalangan ASN yang terjebak dalam pernikahan siri. Sehingga berdampak pada akses terhadap administrasi kependudukan maupun  administrasi lainnya.  

Untuk mengatasi hal ini, Bupati mengajak kalangan perempuan untuk melakukan sosialisasi pentingnya legal formal dalam pernikahan, termasuk sosialisasi usia minimal untuk menikah.

Sementara itu, kepada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lombok Timur, Bupati berharap agar organisasi ini mampu berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi berbagai persoalan yang ada di Lombok Timur. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: