Terbaru

Pembicaraan Kerjasama Pelabuhan Labuhan Haji Dengan PT. Samudera Lestari Alami Kemajuan

radiokancanta.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Timur telah menindak lanjuti hajatan PT. Samudera Lestari dari Jakarta yang ingin berinvestasi di Lombok Timur dengan memanfaatkan dermaga Pelabuhan Labuhan Haji. Beberapa waktu lalu, Dishub Lotim telah melakukan kegiatan study kelayakan terhadap perusahaan pengolahan ikan tersebut dengan meninjau lokasi usahanya di Lamongan dan di Jakarta. Hal ini disampaikan Kepala Dishub Lotim, M. Zaini saat dikonfirmasi awak media di Selong, Rabu (7/1) kemarin.

Dari hasil study kelayakan tersebut, didapatkan kondisi real perusahaan yang berencana menggelontorkan 27 Milyar lebih dana investasinya di Lombok Timur tersebut sangat bonafit. Di mana, kegiatan usaha pengolahan ikan yang dilaksanakan cukup ramai dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak.

Zaini berharap kerjasama dengan PT. Samudera Lestari ini bisa terwujud. Karena akan membawa dampak positif yang begitu besar bagi daerah. Tidak hanya berdampak pada peningkatan PAD. Namun juga pada serapan tenaga kerja.

Serapan tenaga kerjanya bisa mencapai ribuan orang. Karena itulah, kerjasama dengan perusahaan ibu kota ini layak diupayakan untuk diwujudkan, lanjutnya.

Proses pembicaraan antara Pemerintah Daerah Lombok Timur dengan PT. Samudera Lestari terkait kerjasama ini mengalami kemajuan. Pasca study kelayakan, Pemda kemudian meminta agar pihak perusahaan melayangkan permohonan kerjasama yang nantinya ditindaklanjuti kedua belah pihak yang diharapkan bisa mencapai kata sepakat dengan terjadinya kontrak kerjasama.

Kerjasama dengan PT. Samudera Lestari ini memungkinkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang disumbangkan Dishub bersama pelabuhan. Jika saat ini hanya berkisar pada angka 3 Milyar. Dengan masuknya investasi dari perusahaan pengolahan ikan ini, angka 3 Milyar tersebut bisa ditingkatkan hingga 3 kali lipat.

Ditambahkan Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur ini, selain PT. Samudera Lestari, ada juga perusahaan asal Malaysia yang sudah membuka pembicaraan kerjasama untuk pemanfaatan Pelabuhan Labuhan Haji. Di mana, perusahaan tersebut akan menjadikan Pelabuhan Labuhan Haji sebagai lokasi sandar kapal pesiar. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: