PariwisataTerbaru

Pegiat Wisata Lotim Siapkan e Lombok Untuk Pasarkan Wisata

radiokancanta.com – Para pegiat pariwisata Lombok Timur terus melakukan akselerasi dalam mengembangkan industri pariwisata di daerah ini. Terkini, para pegiat ini menginisiasi pembuatan aplikasi khusus kepariwisataan yang akan menampung seluruh informasi kepariwisataan di Pulau Lombok. Terkhusus, Lombok Timur.

Aplikasi tersebut dinamakan e Lombok yang menurut salah seorang inisiatornya, Yogi, akan membantu mempercepat pembangunan pariwisata di daerah ini. Sebab, aplikasi ini akan memudahkan promo dan transaksi dengan para wisatawan. Demikian jelasnya di Desa Loyok Kecamatan Sikur, Senin (20/1).

Dirancangnya aplikasi e Lombok ini untuk mengupayakan agar Lombok Timur menjadi tujuan kunjungan utama, bukan sebagai pilihan berikutnya setelah mengunjungi daerah lain. Karena itulah, dalam aplikasi tersebut akan dimasukkan berbagai jenis data yang diperlukan wisatawan secara detail.

Untuk mempersiapkan segala hal yang akan dimuat dalam aplikasi tersebut, tim inisiator selama ini telah mengumpulkan berbagai database kepariwisataan yang akan divalidasi kemudian, sebelum akhirnya ditampilkan dalam aplikasi tersebut.

Sejauh ini, ungkap Yogi, pihaknya telah melakukan pengumpulan data dengan prosentase 40%. Untuk mempercepat pengoperasian aplikasi karya talenta lokal ini, inisiator pembuat akan melibatkan banyak pihak yang berkompeten dalam menguatkan managemen dan menggerakkan pemasaran produk atau program-program kepariwisataan. Di antaranya, dengan melibatkan para pelaku usaha wisata yang tergabung dalam sejumlah kelompok sadar wisata (pokdarwis) maupun sejumlah asosiasi pelaku usaha kepariwisataan.

Sebagai langkah awal, lanjut Yogi, semua pokdarwis yang ada akan dibuatkan blog terlebih dahulu sebagai wahana pengumpulan data sebelum nantinya akan diupgrade ke aplikasi yang dirancang ini.

Tak hanya menjadia media pemasaran produk kepariwisataan, e Lombok juga akan membuka layanan jasa konsultan pembangunan destinasi wisata yang akan membantu dalam hal pembuatan master plan kepariwisataan di masing-masing desa atau pokdarwis, imbuh Yogi. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: