Terbaru

SAKO Syaikh Zainuddin Gelar KMD

radiokancanta.com – Gerakan Pramuka Satuan Komunitas (SAKO) Syaikh Zainuddin NW Lombok Timur telah menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) yang bertempat di lingkungan kampus Institute Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Anjani Kecamatan Suralaga. Kegiatan ini dibuka pada Sabtu (15/2) kemarin, yang diremcanakan akan dilaksanakan dalam 4 gelombang. Gelombang pertama digelar 15-16 Februari kemarin. Selanjutnya nanti, akan dilaksanakan lagi pada 23-24 Februari, 29 Februari-1 Maret dan 7-8 Maret.

Kegiatan KMD bagi pembina pramuka yang memgangkat tema mewujudkan pembina pramuka yang profesional, konstruktif, disiplin dan berjiwa santri ini dimaksudkan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan bagi pembina pramuka. Sehingga, kemampuannya semakin meningkat dalam mengasuh anak didik dan mengelola satuan yang nantinya menghasilkan mutu kegiatan kepramukaan yang semakin meningkat pula.

Hadir pada acara pembukaan, Kepala PUSDIKLATCAB Lotim, Sekretaris Kwarcab, Pimpinan Kursus, pelatih dan asisten pelatih, Ketua Sako Syaikh Zainuddin NW Lotim dan pengurus Purna Racana Syaikh Zainuddin dengan diikuti 62 peserta yang terdiri dari anggota racana, purna racana dan pembina gugus depan yang tersebar di Pulau Lombok.

Ketua SAKO Syaikh Zainuddin NW Lotim, Hairurrozak Hanafie dalam sambutannya mengharapkan seluruh peserta KMD supaya mengikuti seluruh proses pelatihan sampai akhir. Sehingga, para pembina pramuka mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang mumpuni dan predikat kelulusan yang memuaskan.
Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Lotim (PUSDIKLATCAB LOTIM), Burhanuddin dalam sambutannya sekaligus membuka KMD 2020 SAKO Syaikh Zainuddin menegaskan bahwa kader pembina pramuka yang handal adalah pembina yang memiliki jiwa yang beriman dan bertakwa, yang memegang prinsip trisatya dan dasa dharma pramuka.

Penyelenggaraan kursus pembina pramuka Mahir Tingkat Dasar merupakan kebijakan strategis dalam membekali calon pendidik dengan pengetahuan bidang kepramukaan.
KMD ini wajib bagi pembina, sebab dengan keikutsertaan di KMD akan menambah bekal pembina untuk membina di Gudep,demikian ungkapnya.
Adapun Pimpinan Kursus (PINSUS) pada KMD kali ini dipercayakan kepada Ahmad Tijani yang dibantu 13 orang pelatih  dan 4 asisten pelatih dengan materi yang berbeda-beda. Materi yang diberikan meliputi Silabus, Sistem Penilaian, Program Latihan, UU Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, AD dan ART Gerakan Pramuka.

Dalam KMD ini juga akan dijelaskan beberapa materi lainnya. Di antaranya, cara membina menurut sifat dan kejiwaan peserta didik, seragam pramuka dan tanda pengenal, memahami peserta didik, sistem among, peran tugas dan tanggung jawab pembina, cara menguji syarat kecakapan umum (SKU), syarat kecakapan khusus (SKK), syarat pramuka garuda, upacara buka tutup, tata cara pelantikan dan beberapa materi lainnya. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: