Pendidikan

Peserta Student Exchange UGR Ikuti Perkuliahan PAUD dan Manajemen Logistik

Radiokancanta.com– Peserta Student Exchange dari Universitas Gunung Rinjani kembali mendapatkan perkuliahan dari Faculty of Manajement atau yang lebih dikenal dengan sebutan fakultas kepengurusan di Picoms International University College, Malaysia untuk hari yang ke empat , 25 februari 2020 dalam agenda Picoms International Mobility Inbound Program 2020. Perkuliahan diberikan oleh prodi Pendidikan Usia Dini dan Prodi Manajemen Logistik.

perkuliahan dari Faculty of Manajemen Malaysia

Sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, dekan fakultas manajemen Picoms Tuan Mohammed Azlan bin Abu Bakar, MSc memperkenalkan beberapa dosen pengajar atau yang bertanggung jawab pada prodi-prodi yang berada dibawah fakultas manajemen baik dari program Studi Manajemen Perhotelan, Manajemen Logistik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Retail dan Manajemen Bisnis.

Simulasi pendidikan pada anak usia dini menjadi materi perkuliahan pertama. Dalam simulasi ini para peserta Student Exchange dari Universitas Gunung Rinjani dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima serta Sekolah Taman Siswa Bima dibawah komando dari Tuan Mohammed Shawani bin Ahmad Sabri diminta untuk berperan langsung sebagai anak-anak terlebih dahulu dengan berbagai games seperti membuat lingkaran dengan clue mengingat semua lagu anak-anak yang diketahui dan dipilih secara acak .Peserta yang terpilih wajib menyanyikan satu buah lagu anak-anak dan kemudian dibantu oleh peserta yang lainnya demikian seterusnya hingga semua merasa bergembira.

Aktivitas Perkuliahan Pendidikan Anak Usia Dunia

Berikutnya permainan pilih benda yang ada disekeliling dan menjelaskan kepada audience mengapa harus memilih benda tersebut diikuti dengan menulis serta menggambar cita-cita masa kecil serta permainan silent way to do activity . Para peserta diminta membuat kreasi dari kardus bekas tanpa boleh berbicara satu sama lain. Selanjutnya berkreasi menyelesaikan tugas kreasi dari kardus bekas tersebut bersama kelompok dan boleh berbicara satu dengan yang lain. Inti dari keseluruhan permainan tersebut adalah bahwa sebagai tenaga pendidik hendaknya kita mengerti dan memahami anak didik kita terlebih dahulu, paham bagaimana perasaan dan keinginannya sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam proses pendidikannya.

Perkuliahan dari Faculty of Manajemen Malaysia

Sementara itu dari prodi Manajemen Logistik , Tuan Mohammed Azlan bin Abu Bakar, MSc menjelaskan tentang International Logistics Management diikuti dengan pembahasan tentang Halal Operational Logistics di Malaysia yang disampaikan oleh Madam Nor Bakhiriah. Kedua pembahasan ini cukup menarik karena para peserta dari Universitas Gunung Rinjani dan lainnya mengajukan pertanyaan demi pertanyaan tanpa henti seperti proses import-export yang menyangkut kedua negara, hukum yang mengikatnya , proses awal yang harus dilalui, kaitannya dengan faktor eksternal lainnya dan sebagainya. Kegiatan perkuliahan yang seharusnya selesai pada pukul 16.00 waktu Malaysia akhirnya lewat menjadi pukul 16.07 yang ditutup dengan sesi foto bersama dan kemudian para peserta kembali ke asrama masing-masing. (fy)

Tags
Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: