PemerintahanTerbaru

Tim Juri Lomba Desa Tingkat Kabupaten Turun Ke Labuhan Haji

radiokancanta.com – Rombongan tim juri lomba desa/kelurahan terintegrasi tingkat Kabupaten Lombok Timur yang diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, Hj. Baiq Miftahul Wasly turun ke Desa Labuhan Haji yang menjadi wakil Kecamatan Labuhan Haji dalam lomba desa tahun ini.

Desa Labuhan Haji merupakan desa ke-9 yang dikunjungi tim juri lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Timur. Demikian disampaikan Ketua Rombongan Tim Juri saat memberikan sambutannya di acara penerimaan yang berlangsung di halaman Kantor Desa Labuhan Haji pada Senin (9/3) kemarin.

Dikatakan Baiq Miftah, Desa Labuhan Haji merupakan desa sejarah yang sudah dikenal di mana-mana karena keberadaan pelabuhan Labuhan Haji. Karena memang lazimnya, setiap wilayah yang memiliki pelabuhan, baik laut maupun udara akan dikenal masyarakat banyak.

Dan sekarang, lanjutnya, walaupun Desa Labuhan Haji belum kembali pada kejayaannya sebagaimana pada zaman dahulu. Diharapkan Desa Labuhan Haji bisa semakin sukses ke depan. Terlebih, kondisi Desa Labuhan Haji saat ini sudah masuk kategori desa maju.

Label sebagai desa maju ini sangat wajar diberikan. Mengingat letak Desa Labuhan Haji yang berdekatan dengan ibukota kabupaten. Karena dengan demikian, Desa Labuhan Haji dapat dengan mudah menangkap program kabupaten yg disinkronkan dengan program di desa. Dan berdasarkan hal itulah, Baiq Miftah meyakini bahwa Desa Labuhan Haji akan dengan mudah bisa meningkatkan status desanya menjadi desa mandiri.

Terkait penjurian, Baiq Miftah menjelaskan bahwa tim penilai yang dilibatkan sangat profesional yg dibuktikan dengan terus bisa andilnya desa-desa yang menang di Lombok Timur bisa melenggang mulus dan berprestasi di lomba tingkat provinsi.

Tim juri merupakan gabungan orang-orang professional yang diambil lintas OPD dan dapat dipastikan bahwa penilaiannya sangat obyektif. Demikian imbuhnya.

Disampaikannya juga bahwa esensi dari penyelenggaraan lomba desa ini adalah evaluasi apa yang telah dilaksanakan sehari-hari di desa. Karena itu, jika desa sudah melakukan hal-hal yang semestinya dalam aktifitas pemerintahan desa. Maka, desa tidak akan mengalami kesulitan dalam menyiapkan diri mengikuti lomba desa ini.

Adapun terkait obyek penilaian, Kadis PMD menjelaskan bahwa ada 3 aspek sasaran penilaian, yakni aspek penyelenggaraan pemerintahan, aspek kewilayahan dan aspek pemberdayaan masyarakat. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: