Terbaru

Kapolres Akan Lakukan Investigasi Terkait Dugaan Penyambutan Eva Yang Dipersiapkan

radiokancanta.com – Media sosial ramai membicarakan kerumunan massa penyambutan peserta LIDA asal Lombok Timur, Eva Yolandayang sudah tersenggol. Kerumunan yang sangat disesalkan di tengah usaha keras banyak pihak bersama pemerintah dalam melawan penyebaran Covid_19. Anjuran social/physical distancing mendadak tak dihiraukan.

Tak hanya soal social/physical distancing yang tak dihiraukan masyarakat yang melakukan penyambutan, namun kritikan netizen juga mengarah kepada tidak konsistennya aparat dalam mencegah kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Menanggapi persoalan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM. Juainu Taofik atas nama Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid_19 menjelaskan bahwa perlakuan terhadap salah seorang peserta LIDA yang tersenggol sama dengan warga Lombok Timur lainnya yang baru tiba di Lombok.

Eva yang tiba pada Minggu (5/4) kemarin telah diperiksa di Bandara dan keluar melalui Pintu OTG. Seperti mekanisme bagi warga Lotim lainnya, Eva dibawa ke Pendopo Bupati sebagai posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur untuk diperiksa kembali. Berdasarkan hasil pengukuran, suhu tubuh Eva normal (36,2°) dan tidak ada gejala lainnya sehingga diperbolehkan pulang.

Keramaian kemudian terjadi di Desa Lando, rumah Eva. Meskipun, kepulangan Eva mendapatkan pengawalan aparat kepolisian. Hal inilah yang disesalkan banyak pihak, termasuk Sekda, karena menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak fisik dan berbagai protokol lainnya di tengah ancaman  Covid-19.

Sekda menyebutkan pihak keamanan telah hadir mengantisipasi pembubarkan massa.  Namun demikian, apa pun ikhtiar pemerintah tanpa kesadaran semua pihak, termasuk msyarakat, tidak mungkin berjalan sebagaimana harapan.
Senada dengan Sekda, Wakil Ketua II Gugus Tugas Lotim yang juga Kapolres Lombok Timur, AKBP Tunggul Sinatrio menegaskan bahwa tim sudah melaksanakan SOP penjemputan. Pihak manajemen Eva juga sudah diminta melakukan antisiapsi dengan tidak membawa Eva kembali ke rumahnya. Imbauan juga sudah disampaikan kepada masyarakat setempat. Akan tetapi karena euphoria masyarakat spontan mengerubungi Eva.

Atas dugaan penyambutan yang sudah dikondisikan dan dipersiapkan tersebut, Kapolres dan Tim Gugus Tugas akan melakukan investigasi lebih jauh dan memberikan sanksi tegas jika terbukti. (kis)

Show More

Related Articles

Berikan komentar anda

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: